-->

Cuaca Ekstrem Akibat Tata Kelola Kapitalis

Oleh: Iyar (Aktivis Muslimah)

Cuaca ekstrem mulai melanda di berbagai kota di Indonesia termasuk kota Jawa Barat. Dikutip dari Jakarta CNN Indonesia, Kabupaten Jawa Barat di terjang angin kencang dan banjir bandang pada Senin (25/12) kemarin imbas kejadian itu, 102 unit rumah rusak, rinciannya 14 rumah rusak berat, 2 rumah rusak sedang dan 62 rusak ringan. Sementara 6 rumah mengalami rusak ringan akibat banjir bandang, kata Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulis Selasa (26/12). 

Pusat Pengendali dan Operasi (pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut rumah yang rusak akibat angin kencang ini rata-rata mengalami kerusakan di bagian atap, tapi ada juga bangunan yang roboh hingga rata dengan tanah, sementara itu menurut prakiraan cuaca yang ditulis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem yang di tandai dengan hujan deras disertai petir juga angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah kabupaten Bandung hingga akhir 2023, BNPB menginbau masyarakat dan pemangku kebijakan di daerah setempat agar tetap waspada dan meningkatkan kesiap siagaan, kata Abdul Muhari.

Kejadian cuaca ekstrem adakalanya terjadi karena adanya kesalahan manusia, setiap keadaan seyogya nya membuat kita merenung kekuasaan Allah, dan membuat kita lebih dekat kepada-Nya. Allah menyediakan segala sumber daya alam untuk menunjang keberlangsungan kehidupan manusia sebagai khalifah, tapi karena syahwat serakah sehingga alam pun berontak dengan kondisi cuaca ekstrem saat ini.

Perubahan terjadi karena juga kesalahan kita yang tidak tau tujuan hidup dan banyak melanggar aturan Allah. Akibatnya akan dirasakan seluruh makhluk, ketamakan dan kerakusan manusia dalam sistem kapitalis berperan dalam perubahan iklim, memakai sistem yang rusak (kapitalis) tentu saja akan memberikan dampak kerusakan pada semua termasuk alam.

Bencana seolah menjadi hal yang menghantui di fase peralihan musim, akibat perubahan cuaca yang sangat ekstrem, kerusakan alam pun makin memperbesar dampak bencana yang ditimbulkan ditambah dengan mitigasi bencana yang buruk. Namun, selain akibat pengaruh faktor alam, keserakahan kapitalisme adalah penyebab bencana alam utama dan perubahan iklim, akibat salah mengelola SDM lingkungan jadi rusak oleh para kapitalis. Selama pengaturan urusan rakyat dan penanganan bencana masih dalam kerangka sistem kapitalis, maka kemaslahatan umat tidak akan terwujud.

Tata kelola yang baik hanya ada dalam sistem Islam yang akan membawa kemaslahatan bagi seluruh alam. Hanya syariat Islam yang mementingkan kemaslahatan umatnya, dengan penerapan syariat Islam umat bisa dipersatukan, perubahan yang hakiki hanya bisa terwujud jika hukum Islam diterapkan.

Wallahualam bissawab