CRAZY RICH, HUBBUDDUNYA ALA KAPITALISME

Oleh : Amma Nurhidayah

Crazy Rich, istilah yang sedang booming di seantero jagat negeri ini. Crazy rich yang bisa juga di sebut dengan istilah sultan. Banyak sekali tokoh-tokoh pemuda yang di kenal sebagai Crazy Rich, bahkan di antara pemuda-pemuda negeri ini yang dalam waktu sekejap sudah memperoleh kekayaan yang luar biasa. Tentu hal ini perlu di pertanyakan asal mula sumber kekayaan tersebut. Banyak para crazy rich ini yang memperoleh kekayaan dari hasil youtuber, selebgram dan pekerjaan konten kreator lainnya.

Seiring perkembangan dunia digital, kini muncul fenomena investasi dan trading yang memberikan iming-iming pemasukan yang fantastis dalam waktu kilat dan modal media digital semata. Salah satu nya kita bisa mengenal aplikasi Investasi Binomo yang dalam dua tahun terakhir banyak berseliweran di media digital. Setelah berkembang selama satu tahun lamanya, warganet di kejutkan dengan penangkapan affiliator aplikasi Binomo, seorang crazy rich berinisiial IK, sebagai tersangka tindak perjudian online berkedok aplikasi investasi, sekaligus tindak pidana penipuan serta pencucian uang. (deskjabar.pikiran-rakyat.com)

Penangkapan ini pun terjadi setelah adanya laporan dari korban yang mengaku mengalami kerugian Rp. 540 juta, bahkan terdapat korban lain yang mengalami depresi dan ingin mengakhiri hidupnya. Bahkan menurut Kabagpenum (Kepala Bagian Penerangan Umum) Polri Kombes Gatot Repli Handoko, ia menyebutkan bahwa kerugian yang di alami oleh korban investasi bodong ini mencapai Rp. 25,6 Miliar. (cbcindonesia.com)

Aplikasi investasi Binomo sendiri sudah sejak 2019 ditetapkan sebagai investasi ilegal oleh Satgas Waspada Investasi (SWI). Selain tak berizin, kegiatan opsi biner itu tak ubahnya seperti berjudi (Kompas.com).  Nasabah akan mendapatkan uang jika tebakan mereka benar terkait naik turunnya aset saham. Namun kalau salah, uang modal yang ditanamkan akan diambil oleh penyedia platform yang keuntungannya dibagi dengan affiliator yang bertugas mempromosikan platform tadi.

Nah, jadi sudah terlihat sekali bahwa aktifitas dalam aplikasi ini merupakan perjudian. Tapi kenapa masih banyak yang bergabung? Bahkan jika kita lihat, banyak konten kreator di youtube dan instagram yang ikut mengajak bergabung dalam investasi bodong ini. Tentu dengan ajakan dari para konten kreator ini membuat tawaran-tawaran bergabung menjadi hal yang mengiyurkan buat para pemuda yang menginginkan harta, tanpa kerja. Apalagi di iming-iming kekayaan yang melimpah oleh para afiliator aplikasi ini yang sering memamerkan harta mereka, siapa yang gak minat coba?

Lebih miris nya lagi, tersangka afiliator binomo yang berinisial IK ini, terlalu sombong atas kekayaan yang ia miliki di dunia. Sempat trending pernyataan IK bahwa ia menganggap Tuhan bingung cara membuatnya miskin, naudzubillah, ini sama saja dengan menantang Allah SWT. Dan kini Allah langsung menjawab kesombongan ini dengan penetapan ia menjadi tersangka penipuan, serta seluruh aset nya di sita polisi. 

Kapitalisme Penyebab Hubbuddunya

Cinta Dunia, Cinta Harta, dan Lupa Neraka
Mungkin inilah slogan yang pas buat para pemuja harta dunia. Mereka rela melakukan apapun bahkan yang haram sekalipun untuk meraih kebahagiaan materi dunia semata. Bahkan mereka menganggap kekayaan tersebut adalah hasil jerih payah mereka, tanpa ada campur tangan Tuhan. Sehingga mereka menganggap Tuhan tidak akan mampu memiskinkan. Padahal harta, tahta bahkan jiwa yang dimiliki oleh manusia adalah titipan Tuhan yang bisa di ambil sewaktu-waktu tanpa permisi.

Nah, inilah gambaran produk hasil edukasi sistem kapitalisme. Sebuah sistem kehidupan yang mengajak manusia menjadikan materi sebagai alat ukur mencapai sebuah kebahagiaan. Sehingga manusia bebas melakukan apapun untuk meraih tujuannya, termasuk liberal dalam masalah ekonomi. Tanpa melihat apakah itu halal atau haram, para pemuda ini tetap dengan mudah tergiur untuk melakukannya, hanya karena imingan harta. Inilah hasil didikan sekulerisme, yang mengesampingkan aturan agama dalam kehidupan. 

Islam Obatnya

Dalam islam, manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT. sebagaimana Firman Allah SWT dalam QS. Az-Zariyat : 56 

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ 

"dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (QS Az Zariyat 56).
 
Makna beribadah di sini adalah, menjalankan aktifitas kehidupan sesuai aturan/ Syari’at Allah SWT. Sehingga manusia wajib melakukan seluruh aktifitas kehidupan, baik dalam ranah ekonomi, pidana, pergaulan, dll, sesuai dengan aturan Allah SWT.

Islam mengharamkan perjudian, Islam mengharamkan Riba, Islam menganjurkan hidup dalam kesederhanaan, jikalau Allah SWT memberikan kelebihan harta, Islam memerintahkan untuk memperbanyak sedekah atau berinfaq di jalan Islam dan Dakwah. Sebagaimana yang telah di contohkan oleh Shahabat Abdurrahman bin Auf. Tanpa ada pamer harta atau raut wajah penuh kesombongan seperti halnya Qorun atau  Fir’aun yang telah dihinakan oleh Allah SWT di sebabkan karena kesombongannya.

Dan Islam mengajarkan pada kelak manusia akan kembali kepada Allah SWT, semua aktifitas di dunia ini akan diminta pertanggung jawaban. Termasuk masalah Harta, Harta memang tak di bawa mati. Tapi sumber harta tersebut, serta untuk apa harta tersebut dikeluarkan. Semua akan di minta pertanggung jawaban Oleh-Nya. 

Banyaknya muncul fenomena Crazy Rich berkedok investasi bodong dan trading ini, hanya bisa terselesaikan jika diterapkan sistem Islam dalam kehidupan. Tak perlu sampai menunggu laporan korban terlebih dahulu baru diproses oleh hukum, tetapi semua aktifitas rakyat wajib di pantau oleh Negara. Jika aktifitas tersebut melanggar hukum Syara’, maka harus segera di tutup dan diberikan sanksi hukum pada pelakunya. Tentu diiringi dengan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana Islam memandang rezeki serta cara-cara halal untuk memperoleh harta agar halal dan barokah. 
Inilah Islam yang akan membawa kemaslahatan bagi umatnya jika diterapkan. 

Wallahu’alam bish shawab.
banner zoom