Moderasi agama melalui program penyejahteraan guru mengaji

Oleh : Sri Mulyani Awaliyah

Bupati Bandung mengapresiasi program guru ngaji umroh gratis (Ujirohis) yang diluncurkan Yayasan Ummahat Perindu Surga. Bupati Bandung menuturkan, seiring perkembangan zaman peran guru ngaji semakin luas, tidak hanya membentuk generasi Qurani yang berakhlak mulia, namun juga berperan sebagai agen of chance (agen perubahan) Bupati Bandung juga menghadiri kegiatan halaqah Moderasi beragama yang diselenggarakan MUI kabupaten Bandung di Grand Sunshine Soreang, Bupati menyampaikan beberapa kebijakan diantaranya menyusun paket kebijakan yang berkiblat pada revitalisasi pendidikan pesantren sebagai role model moderasi beragama di masyarakat.

Penghargaan terhadap guru mengaji mendapatkan umroh gratis seolah-olah sebagai prestasi, padahal ini masih jauh bila dibandingkan pada masa ketika sistem Islam ditegakkan, Umar bin Khattab r.a yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pendidikan, pada masanya ia antusias dalam meningkatkan mutu pendidikan generasi muslim, Khalifah Umar menetapkan gaji bagi setiap pengajar 15 dinar setiap bulan. Gaji pengajar sebanyak 15 dinar merupakan angka yang luar biasa, laman Wakala Induk mencatat bahwa 1 Dinar setara dengan Rp. 2. 258. 000, artinya pada masa itu gaji pengajar mencapai Rp. 33. 870. 000.

Sebagai perbandingan saat ini di kabupaten Bandung guru mengaji yang katanya penyejahteraan oleh Pemda sebulan mendapatkan Rp. 500. 000, memang kita tidak bisa berharap pada sistem kapitalis sekuler yang tidak pernah berorientasi pada riayah.

Diperparah lagi dengan kebijakan revitalisasi ponpes sebagai role model moderasi beragama di masyarakat, yang sepanjang perjalanan Rosulullah dan para sahabat jelas tak dikenal kata moderasi, ini hanya dihembuskan oleh pihak-pihak yang ingin memerangi Islam politik, Islam ideologis, Islam yang kental dan tebal yang memiliki kehendak untuk mengatur tata kehidupan dunia secara keseluruhan.

Tidak ada perintah Alloh SWT untuk menjadi Muslim moderat, yang ada perintah untuk menjadi Muslim yang sebenarnya, muslim kaffah.

Sungguh Alloh SWT telah menjamin bahwa satu-satunya agama yang di ridhoi di sisi-Nya hanyalah Islam. Alloh juga memberikan jaminan keamanan bagi siapapun bahwa tegaknya syariat Islam akan menjadi rahmat bagi seluruh alam.
Sejarah membuktikan pada masa sistem Islam berjaya, Islam menaungi beragam suku, agama dan budaya, jiwa dan harta mereka semua terlindungi.

Wallahu alam bishawab
banner zoom