BERLABUH DALAM AYAT CINTA-NYA

Oleh: Cahya Lailatul Fitriyah (Siswi kelas VII Pi IPS Al-Amri Probolinggo) 

Penamabda.com - Sebagai seorang muslim kita wajib meyakini dan mempelajari al-Qur’an, karena al-Qur’an adalah rukun iman yang ke 3. Di dalam mempelajari al-Qur’an kita harus mengetahui dan memperhatikan pokok-pokok yang harus kita ketahui seperti mempelajari tajwid, misalnya.

Terkadang hidup itu tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan namun bagaimana pun semua telah Allah rencanakan, dalam rancangan tersebut Allah selipkan beberapa cobaan dan kesulitan, dan hanya ada 2 pilihan yaitu, 1) tak tahan dan akhirnya berhenti dan menyerah , atau 2)  terus maju meski hal itu sulit dan melelahkan.

Namun terkadang kita terlalu cemen, semua hal kita jadikan alasan mau istirahat, malas, nonton tv, main game  dll. Hal seperti inilah yang membuat kita tidak semangat mengaji. Hal seperti ini dapat dicegah dengan berwudhu, sholat dan berdo’a.

Menghafal al-Qur’an bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan metode mendengar, melihat, dan menulis. Hafalkanlah selagi kita bisa, jangan putus asa dan menyerah tetaplah semangat! Karena Allah akan memberikan 2 pahala bagi seseorang yang senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit,  sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya “Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya 2 pahala.”

Banyak sekali keutamaan membaca al-Qur’an salah satunya ialah menjadi teman di alam kubur. Tahukah kamu? Jika suasana di alam kubur sangatlah sepi dan tidak ada yang akan menemani kita di sana keluarga, teman, kerabat dan saudara semua akan pulang ke rumah mereka masing". Yang suka tunda-tunda untuk menghafal apalagi membaca al-Qur’an. Ingat! Al-Qur’an tidak segan-segan menemani orang yang senantiasa membacanya dikala tidak ada seorangpun yang menemaninya di alam kubur. Al-Qur’an tidak seperti manusia pada umumnya yang ninggalin pas sayang sayangnya, tapi al-Qur’an akan selalu menemanimu hingga akhir waktu.

Al-Qur’an adalah mu’jizat terbesar RAsulullah, al-Qur’an juga sangat istimewa karena Allah menjanjikan 1 hurufnya akan dilipatgandakan 10 kali lipat.

Al-Qur’an juga akan menjadi penerang rumahmu. Rumah jelek tanpa pintu? tanpa jendela? tanpa dapur? Atau tanpa listrik? Akan indah jika di dalamnya di lantunkan ayat ayat suci Al Qur'an. Rumah akan diberkahi Allah dengan cahaya yang konon cahayanya lebih terang dari cahaya matahari. “Siapa yang membaca al-Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya dianugerahkannya kedua ibu bapaknya di hari kiamat, cahayanya lebih baik dari cahaya matahari di rumah. Kalaulah demikian itu matahari ada di rumahmu maka apa sangkaanmu terhadap yang beramal dengan ini.” HR. Abu Daud

Pernah lihat acara tahfidz al-Qur’an di televisi? Bagaimana perasaanmu disaat melihat anak-anak melontarkan bacaan ayat suci al-Qur’an dengan benar dan fasih. Melihat dan mendengarnya terkadang muncul perasaan terharu, kagum dan terkadang muncul perasan malu terhadap diri sendiri mereka yang masih kecil telah hafal 1, 2, 3 juz bahkan ada yang sudah khatam 30 juz, Subhanallah! Namun menghafal-Qur’an di usia yang tidak lagi muda tentulah tidak mudah.

Dalam menjalaninya, ada penuh tantangan, cobaan, tangisan, harapan, jatuh dan berusaha bangkit lagi.
Janhan menyerah, terus berlatih dan berdo'a.

Ingatlah jangan menyia-nyiakan yang berbuah pahala demi yang sia sia.
banner zoom