April Fool's Day

Oleh: Devalena Cheesya
(Pelajar Kota Malang) 

Penamabda.com - Pernah denger nggak sama yang namanya April Mop? 🤔
Yup, April Mop itu adalah perayaan yang diadakan setiap bulan April dengan cara membuat "Prank" kepada orang lain. Perayaan ini sudah ada sejak lama nih, bahkan sampai sekarang masih ada aja orang yang merayakan April Mop. Mereka bilang, buat seru-seruan aja! Biar mengikuti trend dan kemajuan zaman saat ini!

Selama April Mop, siapa yang menjadi korban Prank dari seseorang maka haram hukumnya bagi dia untuk marah atau tersinggung. Karena di bulan ini, semua bebas berbuat jahil! Banyak yang membuat berbagai macam Prank yang kreatif selama April Mop ini gaes. Mulai dari yang paling ringan sampai paling berat yaitu mengancam nyawa sekalipun! Ngeri nggak tuh?

Banyak orang yang merayakan bulan ini secara cuma-cuma. Tanpa memikirkan lagi apa dampak dan makna yang ada di baliknya. Bahkan lebih miris lagi, nggak sedikit nih para remaja muslim yang ikut-ikutan merayakan April Fool's Day! Hanya sekedar ajang untuk senang-senang dan ikut memviralkan yang lagi ngeTrend!

Ish ish ish tak patut tak patut
Padahal, tau nggak sih? Sejarah dibalik perayaan April Mop ini?

Oke, mari kita kupas dengan jelas dan singkat ya!

Dahulu kala, pada masa Islam masih berjaya. Islam berhasil menaklukan banyak wilayah di seluruh dunia. Termasuk juga wilayah di benua Eropa. Spanyol, adalah salah satunya yang dibebaskan. Melihat kehebatan umat muslim dan keindahan akhlak mereka, sejak saat itulah, semakin banyak orang Spanyol yang dengan sukarela masuk agama Islam. Mereka masuk Islam secara keseluruhan dan tidak pernah berhenti menerapkan Al Qur'an dalam kehidupan mereka. Sehingga terciptalah suasana yang damai dan tenteram selama beberapa abad.

Tapi ternyata dibalik semua itu, orang kafir yang tidak rela dengan masuknya Islam di wilayah mereka diam-diam berusaha mencari cara agar bisa menghancurkan umat Islam seluruhnya. Hal itu cukup lama dilakukan, hingga akhirnya mereka mendapatkan ide. Yaitu dengan cara Menghancurkan akhlak umat Islam secara perlahan-lahan. 

Mereka menawarkan judi, minuman keras, dan terus meniupkan perpecahan di antara umat Islam. Sampai akhirnya, terciptalah generasi Islam yang semakin melemah dan aturan Islam tidak lagi diterapkan secara keseluruhan!

Dan pada saat itulah, para tentara salib mulai meluncurkan aksinya. Mereka meneror dan membantai umat Muslim di seluruh wilayah Spanyol. Darah dan mayat bertebaran di mana-mana, menyisakan para Muslim Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah mereka.
Untuk membujuk mereka keluar, para tentara salib memberikan jaminan keamanan kepada mereka. Dengan mengizinkan mereka kabur, dengan menggunakan perahu yang telah disiapkan. Akhirnya, Muslim Granada banyak yang mempercayai hal itu dan menuju ke pelabuhan. Meskipun, masih ada beberapa yang tidak percaya dan tetap diam di rumah. 

Begitu mereka keluar, tentara salib lantas membakar seluruh rumah mereka dan umat muslim di dalamnya ikut terbakar karenanya. Begitu juga dengan kapal yang akan dinaiki para muslim Granada itu ikut dibakar. Masih syok dalam kebingungan, tentara salib lantas mengepung kaum muslim yang tersisa dari berbagai arah dengan senjata. Sementara muslim Granada saat itu tidak membawa senjata, dan rata-rata dari mereka adalah wanita dan anak-anak. Akhirnya dengan sekali perintah menyerang, dibantailah muslim Granada itu habis-habisan tanpa tersisa.
Tragedi itu bertepatan terjadi pada tanggal 1 April dan menjadi perayaan April Mop hingga saat ini. Yakni merayakan keberhasilan tentara salib membohongi serta membantai umat Islam pada saat itu. 🤧

Nah, udah pada tau kan ya sejarahnya April Mop itu gimana? 😁

Dari cerita singkat yang udah dijelasin tadi, nampak sekali ya kalau emang ternyata April Mop itu adalah sejarah kelam bagi umat muslim. Sebuah perayaan yang ternyata merayakan kekalahan umat muslim pada masa itu. 

Jadi, selama ini temen-temen kita yang ngerayain atau bahkan kita sendiri, ternyata selama ini nggak tau sejarah apa yang ada di balik perayaan tersebut 😰. Miris nggak? 

Semua ini karena dampak dari serangan Kapitalisme kepada kita selama ini. Tau nggak sih kapitalisme itu apa?

Mungkin selama ini di mata pelajaran IPS sempet dibahas ya? Kalau kapitalisme itu sebuah paham yang di mana seorang pemilik modal itu lebih berkuasa di atas orang miskin. Iyups, itu udah bener banget tuh!

Tapi, makna Kapitalisme sendiri bukan cuma itu loh sob! Melainkan ada penjabarannya yang lebih luas lagi. Jadi, kapitalisme ini merupakan paham yang berasaskan pemisahan agama dari kehidupan alias SEKULER! Iya, tanpa kita sadari paham sekuler ini tuh udah merajalela banget di kalangan remaja. Eh, nggak remaja aja deng! Mulai dari tua muda bahkan anak-anak pun sudah terpapar oleh paham ini. Hal ini membuktikan, betapa berhasilnya penerapan kapitalisme ini dalam kehidupan kita. Nggak hanya bidang ekonomi aja, melainkan kehidupan sehari-hari. 🤧

Buktinya apa?
Bisa dilihat dari perbincangan remaja sekarang. Rata-rata generasi millenial sampai generasi Z sekarang itu apa yang diomongin dan dibahas pasti yang itu-ituu aja. Kalau nggak tentang dunia hiburan, soal gebetan or si doi, mentok-mentok kalo gaada gebetan mungkin bahas mata pelajaran. Itu pun seringnya ketika mau ada ulangan. Sedangkan pemuda sekarang yang membahas seputar agama apalagi masa depan ummat udah dianggap tabu! Cupu malah! Dibilang sok alim dan nggak gaol! Iya apa iya nih? 😅
Semua ini, tentu aja nggak terlepas dari apa yang dilihat/dikonsumsi pemuda masa kini. Rata-rata pemuda sekarang hampir nggak bisa terlepas dari yang namanya industri hiburan!

Karena memang, itu tadi ya. Dari pihak sononya, udah bener-bener berusaha banget tuh 'biar remaja sekarang itu nggak peduli lagi sama urusan yang lebih penting dari sekedar masalah pribadi'. Mereka nggak mau gaes kalau sampai pemuda muslim itu bangkit melawan penguasa hari ini yang tidak bertanggung jawab atas bagaimana kehidupan masyarakatnya, lebih-lebih ngga bertanggung jawab untuk memberi edukasi dan pemahaman yang baik (Islam) ke masyarakat (especially kita sebagai remaja yang menjadi tonggak kemajuan peradaban di masa mendatang).

Karena, kalau ummat muslim seluruhnya itu udah bangkit, udah pasti segala kedzaliman akan segera dituntaskan! Nggak perlu neko-neko lagi. Karena ummat muslim tuh cuma pengen hidup damai, ngga pengen ada kedzaliman. Nah biar damai, maka umat muslim harus bersatu!

Maka dari itulah, barat nggak rela, dan mereka mencari segala cara agar dapat merusak persatuan dari ummat muslim. Dan akhirnya ditemukanlah cara itu, yakni dengan merusak generasi mudanya 🤧
Karena kalau pemudanya aja udah rusak, otomatis udah nggak ada harapan lagi. Serem yah? Jadi, selama ini kita ke mana aja nih? 😰

Sekarang era industri hiburan udah semakin merajalela. Media sosial menjadi tempat menyebarkan segala macam challenge, perayaan, atau semacamnya yang diviralkan. So gaes, sebagai generasi muslim yang cerdas Jangan sampai kita langsung ikut-ikutan gitu aja tanpa tau dampak maupun sejarahnya.

Dan itulah pentingnya bagi kita untuk mengkaji segala sesuatu dari dalemnya dulu sob biar paham! Khususnya mengkaji ilmu Islam! Biar punya pegangan atuh. Mengingat betapa kacaunya dunia saat ini. Kalau sampai kita nggak punya suatu pondasi alias pegangan dalam hidup kita. Maka kita hanya akan jadi selayaknya daun yang berterbangan loh! 🍃🍂 

Ngikuut aja arah angin tanpa punya batang apalagi akar yang kokoh!

So, aku, kamu, kita semua harus selalu berpegang teguh terhadap pegangan yang benar mulai sekarang! Dan karena kita umat muslim, maka pegangan itu adalah Islam itu sendiri.. ye nggak? Selalu berpegang teguh pada Islam. Kalau-kalau ada challenge yang lagi viral, dilihat dulu tuh kek apa itu. Gimana sih menurut kacamata Islam? Apakah memiliki nilai manfaat dan menambah pahala atau malah lebih besar mudharatnya?

Jadi nggak langsung main comot gitu aja dalam melakukan sesuatu 😁. Jangan asal ngikut biar trend. Kalau udah gitu, baru deh jadi orang yang keren! Karena, tau kan ya kalau orang yang paling keren dan hebat tuh bukan mereka yang punya banyak followers, atau harta yang nggak ada habisnya. Melainkan mereka yang bertaqwa dan istiqomah alias Konsisten dalam berjuang di jalan Allah 😎

Udah banyak nih contohnya, dari para pemuda muslim jaman old. Sampai jaman now juga masih ada loh! Ada Muhammad Al Fatih, yang pada usia 21 tahun udah jadi penakluk Konstantinopel. Ada Imam Syafi'i, Al Khawarizmi. Atau dari perempuannya, ada Aisyah RA perempuan cerdas dan terkenal sebagai periwayat hadist shahih terbanyak Dan masih banyak pemuda/I Islam lainnya yang tak kalah hebatnya.. 

Keren kan?
Maka dari itu mulai sekarang yuk kita ikuti dan kita viralkan hal-hal yang bermanfaat untuk ummat ini! Terkhususnya buat generasi muda. Biar ummat melalui anak muda (kita-kita nih) sadar + mau bangkit. 
Jadi, yuk kita mulai luangkan waktu untuk mengkaji Islam! 🐣 Karena dengan mengkaji Islam, kita ngga hanya jadi manusia yg keren di pandangan manusia, tapi keren di pandangan penduduk langittt😍 bikin Allah dan Rasul-Nya bangga karena kita berpegang teguh pada Islam😇
banner zoom