-->

PHK Terjadi Lagi, Apakah itu Solusi?

Oleh: Japti Ardiani 

PT Republika Media Mandiri atau Republika mengumumkan pemutusan hubungan kerja atau PHK massal atas 60 karyawan bulan ini. Pemimpin Redaksi Republika, Elba Damhuri, menyampaikan PHK itu menyusul langkah serupa yang sebelumnya terjadi di akhir tahun lalu. Gelombang pertama Desember 2023," kata Elba dalam pesan tertulisnya saat dikonfirmasi Tempo, Kamis malam, 9 Mei 2024.Elba memastikan bahwa perusahaannya tidak akan melakukan PHK gelombang ketiga menyusul PHK pada gelombang kedua bulan ini. Dia menyebut Republika telah memberhentikan 29 wartawan dan 31 staf pendukung pada Mei ini.Salah seorang mantan karyawan yang enggan disebutkan namanya, mengaku terdampak PHK gelombang pertama. Kepada Tempo, dia membenarkan adanya PHK massal dan menyebut tidak lagi tercatat sebagai pekerja di perusahaan media itu sejak awal tahun. "Saya sudah sejak Januari," ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga mengungkap bahwa seorang rekannya di Republik turut menanyakan soal uang pesangon beberapa waktu belakangan.(Tempo.co, 10/05/2024)

Belum lagi berita PHK perusahaan lainnya yaitu BATA yang mem PHK 200 karyawan nya. Dimana Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) buka suara terkait nasib ratusan karyawan pabrik sepatu Bata yang menjadi korban pemutusan hubungan kerja (PHK). Menyusul, pabrik Bata tutup di kawasan Purwakarta, Jawa Barat.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (PHI dan Jamsos) Kemnaker Indah Anggoro Putri mengatakan, perusahaan terkait wajib memberikan hak-hak terhadap pekerjanya sesuai dengan aturan berlaku. Salah satunya terkait aturan mengenai pesangon. (Liputan 6.com, 06/05/2024)

Membaca informasi diatas dan bila itu terus menerus berkelanjutan maka akan kita dapati angka yang sangat mematikan. Yang pada intinya bila PHK terjadi maka masyarakat hampir semuanya tidak mempunyai mata pencaharian dan apabila itu terjadi bagaimana kelangsungan hidup mereka terwujud dan kesejahteraan bisa didapatkan. Dan disamping itu tenaga kerja asing berdatangan mengisi setiap lapangan pekerjaan di negeri tercinta ini. Pemerintah tak banyak ikut campur dan menyeluruh untuk memecahkan permasalahan-permasalahan tersebut. Seperti "sengaja" dibiarkan begitu saja 

Semua itu membuktikan bahwa sistem kapitalisme, ideologi yang menguasai dunia saat ini, telah gagal untuk menyejahterakan masyarakat nya. Kapitalisme berhasil melahirkan para kapitalis yang menginginkan keuntungan besar dengan pengeluaran yang minim. Sehingga banyak pemecatan terhadap para buruh dan berimbas pada peningkatan pengangguran di wilayah Indonesia.

Dalam sistem kapitalisme, uang atau materi adalah sumber kebahagiaan bagi pemilik modal. Jadi, mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya tanpa melihat apakah rakyatku benar-benar sejahtera atau tidak.

Dan lebih parahnya lagi ternyata negara hanya berperan sebagai regulator saja. Negara membuat regulasi untuk memuluskan kepentingan para kapitalis, UU Cipta Kerja dll. Dan dalam sistem kapitalisme yang terjadi adalah hanya berpihak pada pemilik modal atau korporasi saja. Kebijakan pemerintah yang bertumpu pada asas untung rugi mengakibatkan makin maraknya fenomena  pengangguran. 

Sistem ini telah menyandera peran penting negara dan menjadikan negara bergantung pada para investor asing hingga tidak bisa secara mandiri memberikan lapangan pekerjaan bagi rakyatnya.

Posisi negara dalam sistem kapitalisme sekuler hanya sebagai regulator yang pada akhirnya meniscayakan kekayaan alam yang dimiliki negeri hanya dirasakan oleh para konglomerat.

Sistem kapitalisme yang membuat pekerja hanya sebagai sapi perah saja. Permainan pengusaha dalam bisnis hanya memikirkan persaingan bisnis, tak peduli para driver yang sangat membutuhkan pendapatan untuk menghidupi keluarganya. Maka dari itu tindakan PHK oleh perusahaan tidak akan pernah berfikir bagaimana nasib karyawan nya beserta keluarganya yang menggantung hidupnya dari gaji yang didapat di perusahaan tersebut.

Sekali lagi kondisi ini sangat memungkinkan berakibat terjadinya resesi bahkan kebangkrutan perusahaan, oleh karenanya PHK besar-besaran pun menjadi pilihan untuk menyelamatkan aset perusahaan tanpa memperdulikan nasib pekerja. Sehingga bila itu terjadi sudah dipastikan pengangguran ada dimana-mana.

Miris melihat nasib rakyat apabila tetap mem praktekkan sistem Sekulerisme-Kapitalisme terus menerus. Karena apa yang dijalan sistem ini sangat jauh dengan sistem Islam. Islam sangat memperhatikan kesejahteraan setiap individu rakyat, dan ini adalah kewajiban negara. Oleh karena itu, islam memiliki berbagai mekanisme untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut, termasuk menyediakan lapangan pekerjaan yang memadai di dalam negeri. Berbeda dengan keadaan hari ini dimana syariat Islam tidak digunakan untuk mengatur kehidupan. Janji seribu lapangan pekerjaan pun tak kunjung nyata, hanya omong kosong belaka. Keberpihakan   asing. Sungguh ironi, rakyat seperti terjajah dan terbelenggu di negeri sendiri.

Dan di dalam pandangan Islam, negara berkewajiban menjadi pengurus urusan rakyat secara keseluruhan dalam aspek kehidupan, termasuk menyoal menyediakan lapangan kerja karena itu adalah bagian dari peran Negara.

Ketika Islam benar-benar diterapkan, maka masyarakat akan sejahtera. Dengan penerapan Islam secara kaffah, sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, otomatis akan terpenuhi karena Islam telah menjadikan kepala negara yang bertanggung jawab terhadap urusan rakyatnya. Kesejahteraan pun akan dinikmati oleh seluruh masyarakat tanpa terkecuali. Maka dengan sendirinya pengangguran tidak akan ada lagi.

Islam memiliki aturan yang saling menguntungkan antara pengusaha dan pekerjanya dan melarang sikap saling menzalimi. Negara dalam Islam memiliki peran besar dalam menjaga keharmonisan antara pengusaha dan pekerja, juga menjamin kesejahteraan setiap individu rakyatnya. Negara akan mengatur agar pengusaha memberikan penghasilan layak untuk karyawan yang bekerja. Bagi yang meluangkan kerja lebih giat akan mendapatkan penghasilan berlipat. 

Negara tidak membiarkan kepala keluarga bingung untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Kepala keluarga akan disiapkan lapangan kerja layak agar bisa memenuhi kewajibannya. Ada sumber daya alam yang dikelola oleh negara untuk memenuhi kebutuhan umatnya. Sekolah, kesehatan, keamanan adalah kebutuhan vital yang harus dipersiapkan oleh negara. Harapan utama yang dipikirkan negara Islam adalah kesejahteraan umat.  

Sebagai pemimpin akan dimintai pertanggungjawaban nantinya. Pemimpin Islam akan mengerahkan sekuat tenaga agar rakyat yang menjadi amanahnya hidup layak dan sejahtera. 

Wallahu a'lam bish shawwab