-->

Ekonomi Maju Dalam Dekapan Sistem Islam

Generasi muda memiliki peran sebagai agent of change, oleh karena itu mereka dihimbau agar mampu mengoptimalisasikan transformasi Ekonomi berbasis digital. Pemerintah kabupaten bandung juga memanfaatkan digitalisasi yang digunakan di sektor pertanian, telemedicine dan edutech, Mau tidak mau kita harus beradaptasi dan menerima terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat di desa, juga akan mendorong kesetaraan terhadap sumber ekonomi yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, KAB. BANDUNG, (BR). Pemkab Bandung dan Pemprov Jawa Barat diharapkan akan dapat menciptakan ekosistem digitalisasi dan juga menyiapkan masyarakat untuk beraktivitas di Co-Working Space yang nantinya akan siap untuk bekerja disektor digital," lanjut Asep Kusuma.

Generasi muda adalah Agen of change yang di harapkan mampu membuat perubahan kearah yang lebih baik, menjadi generasi yang berkualitas sebagai pendorong kemajuan ekonomi masyarakat. Adanya kebijakan pemerintah yaitu program Transformasi ekonomi berbasis digital adalah sebuah langkah yang digadang-gadang  mampu memberi perubahan yang positif. Generasi muda di tuntut untuk ikut berperan aktif dalam rangka meningkatkan dan memulihkan perekonomian saat ini. Dengan berbagai kemajuan teknologi yang ada saat ini, memang ada dampak baiknya buat masyarakat. Banyak hal yang menjadi mudah dengan adanya kecanggihan teknologi saat ini. Dengan kecanggihan teknologi seseorang menjadi mudah dalam berinteraksi jual-beli lewat layanan online. 

Namun ternyata dibalik kemudahan tersebut ada juga dampak negatifnya, yaitu  membuat orang semakin individualis. Merasa semua bisa di dapatkan sendiri dengan mudah hanya dengan duduk manis dirumah atau di kantor. Parahnya, tidak semua orang bisa dengan mudah menikmatinya, karena pada kondisi seperti sekarang yang serba susah, banyak orang yang justru tidak mempunyai pekerjaan akibat PHK dan sempitnya lapangan pekerjaan. Artinya, kemudahan digital tidak akan bisa merata dirasakan oleh semua kalangan. Kalangan ekonomi rendah akan tersingkirkan dan tidak bisa menikmatinya.

Ujung-ujungnya digitalisasi  hanya akan dinikmati dan menguntungkan pihak swasta yang memiliki modal besar, sebaliknya masyarakat kecil tetap susah. Generasi muda yang sejati harus menjadi sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa menjadi  tonggak perubahan kearah Islam justru dibelokkan untuk mengikuti  kebijakan pemerintah dengan dalih meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan ikut berperan aktif mengoptimalkan digitalisasi diberbagai sektor dalam rangka meningkatkan perekonomian.   

Padahal sejatinya, tercukupinya kebutuhan dasar rakyat dan kesejahteraan rakyat secara global adalah tanggung jawab negara, bukan malah memperdayakan generasi muda untuk ikut berperan mengikuti agenda sistem kapitalisme liberal. Digitalisasi adalah jalan menuju liberalisasi sektor ekonomi, perdagangan dan kesehatan,  pendidikan dan lain-lain.

Liberalisasi Digital akan berdampak buruk dengan rusaknya generasi muda karena kebebasan tanpa batas dan kurangnya pemahaman Islam akan mengakibatkan perilaku mengerikan. Seperti adanya kasus prostitusi online misalnya, itu terjadi karena faktor Ekonomi juga. Begitulah jika digitalisasi berada dalam sistem Kapitalisme Liberal, maka tidak akan benar-benar mampu meningkatkan perekonomian. Karena landasannya hanyalah manfaat dan keuntungan materi semata. 

Solusinya hanya sistem Islam.

Sehingga jelas bahwasanya majunya perekonomian itu berasal dari diterapkannya sistem Islam yang shahih. Yaitu Islam dengan politiknya yang bertujuan untuk mengurus urusan rakyat dengan syariat Islam. Generasi muda hanya fokus untuk belajar dan menjadikan pribadi yang beriman, takut sama Allah SWT.

Dalam Islam, kecanggihan teknologi digital akan di gunakan betul-betul untuk kepentingan rakyat seluruhnya. Lapangan pekerjaan akan banyak karena dalam Islam, mengurus sumber daya alam itu pastilah butuh tenaga kerja yang banyak. Sehingga setiap individu pasti akan diupayakan untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Negara hadir berperan sebagai pengurus rakyat dengan didukung oleh sumber daya alam yang sangat banyak.

Semua telah terbukti dengan gemilangnya ketika Islam di jadikan sebagai aturan dalam setiap aspek kehidupan dimasa kekhalifahan dulu. Jelaslah bahwa hanya dengan aturan Islam, ekonomi akan maju, kesejahteraannya akan terwujud nyata hingga keseluruhan alam. 

Wallahu a'lam bishawab

Oleh: Dartem