-->

Penjajahan Musuh Kita Semua Termasuk Juga Musuh Dunia Internasional

Oleh: Dartik 

Kericuhan aksi damai bela Palestina oleh umat Islam di Bitung telah menelan satu korban jiwa dari pihak penggelar aksi damai.

Menurut informasi, korban tewas lantaran sempat dikeroyok oleh massa ormas adat pasukan Manguni Makasiouw.

Video pengeroyokan peserta aksi yang diketahui bernama Anto itu pun beredar di media sosial X.

Video viral ini dibagikan oleh akun @MprAldo di platform media sosial X, menggambarkan momen bentrokan yang terjadi selama aksi tersebut. (gelora.co)

REPUBLIKA.CO.ID, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Manado Yaser Bin Salim Bachmid mengharapkan aparat keamanan dan pemerintah menelusuri bentrokan yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara.Aparat juga diminta mengusut sampai tuntas kasus tersebut.

"Saya harap pemerintah dan aparat keamanan ,menelusuri kasus ini agar tidak berkembang ,kemana-mana," kata Yaser, di Manado, Ahad (26/11/2023).

Bentrokan massa terjadi karena tidak memahami bahwa akar masalah Palestina adalah penjajahan.Sudah seharusnya semua orang apalagi muslim sepakat bahwa penjajahan harus dihapuskan dari muka bumi ini.

Sangat disayangkan bentrokan yang terjadi di Bitung karena tidak memahami bahwa Palestina merupakan negara yang dijajah Israel. Selaku sesama warga negara Indonesia tidak layak untuk saling menzalimi apalagi sampai timbul korban jiwa. 

Sedangkan  masyarakat luar negeri saja banyak yang bela Palestina.Namun  bagaimana dengan kondisi sebagian masyarakat wilayah Bitung yang tidak mengetahui akar masalahnya,hingga mereka melakukan penganiayaan. 

Seharusnya negara mampu mencegah peristiwa ini melalui berbagai kebijakan yang dikeluarkannya Penerapan Islam seharusnya menjadi pilihan

Peran negara sebagai penanggung jawab atas segala urusan masyarakat seharusnya dapat membuat masyarakat tersebut menjadi aman dan damai tanpa ada benturan secara pertikal.Negara memberikan amanah kepada petugas keamanan untuk menjaga masyarakat agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan .

Semua peristiwa yang terjadi merupakan gambaran dari kehidupan masyarakat yang menerapkan sistem kapitalisme.Sistem kapitalisme yang meniscayakan pemisahan agama dari kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketika terjadi perselisihan antara masyarakat maka islam memiliki solusi yang dapat menyelesaikan segala persoalan umat manusia dengan baik dan benar karena merujuk dari syariah Islam.Bukan seperti sistem kapitalisme yang selalu menimbulkan masalah.Islam adalah agama sekaligus sistem untuk mengatur kehidupan umat manusia baik individu,keluarga, masyarakat bahkan negara. 

Islam memiliki sistem Pendidikan yang berkualitas yang mampu membangun kekuatan mental anak didik, baik pada level keluarga, Masyarakat dan negara. Negara menjauhkan lingkungan dari hal-hal negative.

Dalam islam pendidikan sejak dini dimulai dari ruang keluarga.Kedua orang tua bertanggung jawab atas pendidikan anak- anaknya. Terutama peran seorang ibu sebagai pengasuh sekaligus pendidik untuk generasi mendatang agar menjadikan generasi yang punya kepribadian Islam. 

Pendidikan generasi yang berlandaskan akidah islam yang bersumber dari Al Qur'an dan as sunnah. Sehingga kelak akan menjadi pribadi mandiri tidak terkontaminasi dengan perihal buruk. Generasi yang memiliki mental yang sehat karena terdidik dari lingkungan keluarga yang bertakwa. 

Selain lingkungan keluarga, masyarakat juga punya peran yang penting dalam menciptakan generasi yang kuat dan berkualitas Masyarakat yang selalu mengontrol kondisi individu agar selalu melakukan amar ma'ruf nahimungkar, sebagai bentuk cinta dan benci semata karena Allah.

Kemudian selanjutnya adalah peran negara sebagai pengurus segala urusan masyarakat yang hidup dibawah naungan sistem khilafah.Sistem islam yang pernah berjaya disepanjang sejarah yang melahirkan generasi kuat dan berkualitas serta bertakwa kepada-Nya. 

Negara memberikan fasilitas pendidikan gratis sehingga menjadikan generasi cerdas berkualitas dan bermental kuat dan sehat.Pribadi yang hanya takut kepada Allah sehingga tidak terpikir olehnya untuk melakukan perbuatan yang akan menyakiti bahkan sampai menghilangkan nyawa orang lain, sungguh terlalu .

Begitulah negara islam memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat agar memiliki akhlak yang baik tidak sembarangan dalam melakukan perbuatan yang melanggar syariah islam. Karena semua perbuatan akan dimintai pertanggungjawaban dihadapan sang Maha pencipta sekaligus Maha pengatur. 

WalLâhu a’lam bi ash-shawâb