-->

Siapa Pelakunya "Karhutla"


Oleh: Sumarini

Kebakaran yang melanda Hutan dan Lahan belakangan terus menerus terjadi dengan tenggang waktu yang begitu cepat, bahkan belum padam api yang membakar Hutan diwilayah yang satu, datang lagi berita baru terkait Karhutla di wilayah yang lainnya lagi. Belum lama ini di Kalimantan Tengah, lalu Kalimantan Barat, menyusul Sumatera Selatan dan masih ada beberapa tempat lain yang berdampak KARHUTLA yang akibatnya tentu berpengaruh bagi Masyarakat sekitar.

Kalau boleh bertanya sebenarnya ada apa dibalik semua ini. Terus menerus, berpindah-pindah tempat, apa ini unsur kesengajaan? atau ada siapa dibalik semua ini, sebab kepedulianlah kita ingin tau terkait semua kejadian ini, apa sih tujuan dari pembakaran Hutan dan Lahan yang bagai direncanakan ini.

Pada faktanya, jelas faktor Manusia sebagai dalang utama dari semua ini. Tergambar bagi kita dalam menyikapi ini semua, apa lagi yang akan mereka buat dengan Lahan dan Hutan-hutan yang telah dilahap si jago merah dan ketika itu, tampaklah Lahan yang luas membentang, setelahnya hanya merekalah yang tau dipergunakan untuk apasih bekas Hutan tadi. Hutan sebagai Paru-paru nya Dunia diciptakan Allah sebagai Pelindung Manusia, Tapi apa daya Manusia yang serakah tidak peduli dengan itu semua, dan akibat dari perbuatan mereka maka kita semua kena imbasnya. Tidak hanya kita manusia, makhluk hidup lainnya, seperti hewan, tumbuh-tumbuhan yang hidup didalam hutan mereka juga merasakan dampak dari perlakuan manusia-manusia yang berbuat kedzoliman atas dasar membakar hutan dengan sengaja.

Bagaimana bisa kita minta kepastian dalam rangka upaya penanganan KARHUTLA bisa berjalan tepat sasaran dan pengendalian Karhutla bisa berjalan efektif. Jangan cuma hanya dalam bentuk upaya-upaya saja yang sebenarnya ini butuh ketegasan yang semaksimal mungkin, butuh Negara ini sebenar-benarnya mencari, dan menindak tegas siapa sih dalang dari semua ini, atau bisa jadi justru ada kerja sama diantara mereka? 

Wallahu a'lam...

Yang jelas pada kenyataannya bukannya KARHUTLA terselesaikan malah justru semakin marak, semarak api yang membakar Hutan dan meluluh lantakkan semua isi didalam Hutan, sungguh tragis nasib Hutan kita...

Dari sini pastinya kita sadar tidak ada solusi yang pasti untuk bisa menyelesaikan persoalan yang tentunya ini adalah masalah besar bukan masalah sepele yang terus dibiar-biarkan tanpa penyelesaian. Terbukti sistem hari ini tidak bisa mensiasati apalagi memberikan solusi yang ada malah Hutan dan Lahan justru makin habis dibakar.

Islam dalam hal ini tentu punya solusi, Rahmat bagi seluruh alam itu ya Islam, meneduhkan sehingga tidak ada yang merasa kepanasan akibat dari terbakarnya Hutan, jelas tindakan tegas akan segera dilakukan dengan siapapun yang berani merusak alam. Apapun itu akan terjaga dan dijaga dengan baik semua makhluk ciptaan Allah akan merasakan kenyamanan dibawah naungan Islam, dan itu semua gambaran yang jauh dari pada hari ini. Namun Insyaallah dengan kita bangkit untuk menegakkan kehidupan Islam kembali ditengah-tengah orang Islam maka semua itu akan terwujud.

Wallahu a'lam bishawab