Menerawang Jejak Khilafah di Nusantara Melalui Film JKDN

Oleh : Puji Astuti

Penamabda.com - Tepat 1 Muharram 1442 H tayangan  film dokumenter Jejak Khilafah di Nusantara (JKdN) secara streaming di dunia maya. 

Menurut panitia penyelenggara tercatat 250ribu lebih pendaftaran  melalui virtual.

Hari ditayangkannya pun tiba, luar biasa sekali narasi yg dihadirkan seakan merefresh kembali secara gamblang bagaimana Khilafah memiliki peran yg sangat fundamental dalam menyelamatkan negeri ini dari penjajah. 

Selama ini kita dicekoki oleh opini yang dikembangkan media bahwa khilafah itu sangat menakutkan karena khilafah yang diopinikan itu disejajarkan dengan Fabricated khilafah ala ISIS. 

Padahal kita ketahui bersama bahwa khilafah ala ISIS itu menyimpang dan tertolak. Karena tidak sesuai dengan pendapat jumhur Ulama. 

Setelah melihat dan menyaksikan JKdN ini jadi tersegarkan pikiran dari opini yang menyimpang tadi. 
Kita jadi tahu bahwa khilafah itu membawa rahmat dan pelopor pengusiran penjajahan di Nusantara ini. 

Nicko Pandawa sebagai sutradara film JKdN ini menjelaskan, film ini bisa dipertanggungjawabkan secara akademis, sebab melandaskan penelitian dan riset yang panjang, didukung sumber primer maupun sekunder (data pustaka), ditambah data lapangan yang tersebar dari ujung Sumatra -Aceh-, Pulau Jawa, hingga ujung Timur -Ternate dan sebagainya.

Kesimpulan dari film JKdN ini bahwa khilafah itu bukan ajaran yang mengajarkan radikalisme terlebih lagi terorisme. Lebih tepatnya khilafah itu adalah konstitusi yang menerapkan aturannya Allah SWT sebagai rahmat sekalian alam. 

Maka patut bagi kita bisa mengambil ibroh dari sejarah yang ditampilkan di film JKdN ini bahwa khilafah adalah solusi kita untuk meraih kemerdekaan haqiqi dan kebahagiaan dunia akherat. 

Karena khilafah itu adalah ajaran Islam yang diturunkan Rabbul alamin..

Wallahualam Bishowwab []
banner zoom