Khilafah Tidak Utopis

Oleh : Dara Millati Hanifah S.Pd (Pemerhati Pendidikan)

Penamabda.com - Setelah Hagia Sophia diresmikan menjadi masjid seruan untuk menegakkan khilafah semakin menggema khususnya di wilayah Turki. Meski begitu berbagai pihak masih menolak seruan ini.
.
Partai yang berkuasa di Turki menolak seruan khilafah yang ditulis oleh majalah pro pemerintah setelah hagia sophia menjadi masjid. Juru bicara partai keadilan dan pembangunan (AKP) meyakinkan kaum skeptis bahwa Turki tetap menjadi negara republik sekuler. Hal tersebut dilakukan sebagai respon atas seruan Gercep Hayat agar pemerintah menegakkan kembali kekhilafahan yang sudah lama dihilangkan setelah jatuhnya kekuasaan ottoman. (beritakaltim.co 31/07/2020).
.
Hal tersebut menunjukkan bahwa saat ini masyarakat khususnya kaum muslimin di seluruh dunia sangat menginginkan khilafah kembali tegak. Mengingat kondisi dunia yang saat ini sangat hancur karena sistem demokrasi. Dari ekonomi, politik, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Permasalahan yang terjadi di dunia tiada pernah henti dan solusi yang ditawarkan tak solutif.
.
Rasulullah saw bersabda dalam hadist riwayat Ahmad : "Di era kalian terdapat zaman kenabian. Atas kehendak Allah kenabian itu ada lalu diangkat oleh Allah atas kehendak-Nya pula. Lalu akan ada Khilafah yang mengikuti jalan kenabian atas kehendakNya lalu diangkat atas kehendak-Nya pula. Kemudian akan ada kekuasaan zalim; ia ada atas kehendak-Nya dan akan diangkat atas kehendak-Nya. Kemudian akan ada kekuasaan diktator; ia ada atas kehendak-Nya dan akan diangkat atas kehendak-Nya. Kemudian akan ada Khilafah yang mengikuti jalan kenabian. Lalu Nabi diam". (HR Ahmad)
.
Hadist diatas menjelaskan bahwa akan ada khilafah ala minhajin nubuwah yang kedua. Dan itu sudah dijanjikan oleh Allah swt dan akan segera terjadi jika Allah berkehendak. Jadi, khilafah bukan khayalan seperti orang-orang katakan. Kita sebagai seorang muslim yang menunggu seruan itu wajib melakukan berbagai usaha untuk mewujudkannya, pun tak lupa banyak berdoa kepada Allah swt agar segera ditegakkannya khilafah di muka bumi ini. Agar masyarakat dunia hidup dengan kesejahteraan, terjamin keamanan, kesehatan serta pendidikannya baik muslim maupun non muslim.
.
Wallahu A'lam bis Shawab
banner zoom