KHILAFAH SOLUSI, BUKAN ANCAMAN DITENGAH PANDEMI

Oleh: Eka Prasetyawati (Anggota Komunitas Setajam Pena) 

Penamabda.com - Dunia sedang menghadapi krisis besar yang bermula dari krisis kesehatan akibat pandemi Covid-19 termasuk Indonesia. Selain krisis kesehatan, dunia juga mengalami krisis ekonomi global pada tahun ini. 

Menurut Andrean panggabean, kepala ekonomi CIMB Niaga, krisis ekonomi global 2020 memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan krisis 1997 sampai 1998 maupun krisis 2008. Solusi global diperlukan untuk mengatasi ekonomi 2020 akibat pandemi covid-19, kata Andran dalam diskusi virtual bartajuk "Mendulang Provid dari Saham Saham BUMN pasca Covid-19" (republika, 27/04/2020).

Krisis ekonomi global yang terjadi saat pandemi Covid-19 telah nyata membuka kebobrokan sistem kapitalisme. Selama hampir enam bulan berlangsung makin nampak betapa sistem ekonomi yang berjalan diberbagai negara gagal mengatasi masalah. Pada saat ini ekonomi global dunia mengalami krisis yang cukup serius. Titik global terlihat secara menyeluruh diberbagai negara termasuk Indonesia. Amerika Serikat sebagai pusat penerapan ekonomi kapitalis saat ini sedang menuju kehancuran. Dampak krisis juga sangat dirasakan oleh negara negara produsen minyak dunia seperti Arab Saudi, Venezuela, Iran, dan negara negara teluk lainnya.

Pengaruh buruk resesi ekonomi ini terlihat jelas pada penurunan bahan bakar industri seperti minyak mentah dunia dan batu bara, harga bahan baku industri seperti karet, penurunan harga emas, penurunan pertumbuhan ekonomi secara terus menerus, PHK dimana mana, tingkat pendapatan masyarakat menurun dan harga kebutuhan pokok yang meningkat. 

Krisis ekonomi global yang terus berulang kali terjadi adalah konsekuensi logis akibat penerapan sistem ekonomi kapitalis secara global diseluruh dunia. Sistem ekonomi kapitalis dibangun atas dasar kebebasan baik kebebasan kepemilikan harta, kebebasan pengelolaan harta maupun kebebasan konsumsi. 

Penerapan sistem ekonomi kapitalis mengakibatkan kerusakan dan kesengsaraan bagi umat manusia dalam bentuk kerusakan alam, kemiskinan serta kesenjangan ekonomi dan sosial. Untuk menghentikan penerapan sistem ekonomi kapitalis hanya bisa dilakukan jika muncul negara Khilafah yang menerapkan sistem ekonomi Islam. 

Kata khilafah dalam hadist memiliki pengertian : sistem pemerintahan, pewaris pemerintahan kenabian. Khilafah adalah kepemimpinan umum bagi kaum muslim didunia untuk melaksanakan hukum hukum islam dan mengemban dakwah keseluruh alam. Karna itu khilafah adalah ajaran islam mewujudkan eksistensinya adalah sebagai kewajiban layaknya kewajiban lain dalam syariah islam. Bahkan keberadaan khilafah merupakan mahkota kewajiban. Jika Khilafah hilang, maka banyak hukum hukum Islam terabaikan. Karna itu Khilafah sangat tidak layak dijadikan sebagai obyek yang menyeramkan atau obyek kriminalisasi.

Berdasarkan definisi ini ada 3 esensi utama Khilafah. Pertama, mewujudkan ukhuwah. Dengan Khilafah akan terwujud ukhuwah umat islam sedunia secara nyata dalam kehidupan. Umat Islam memiliki akidah dan syariah yang sama sehingga digambarkan oleh Rosulullah bagaikan satu tubuh. Jika ada bagian yang sakit maka seluruh tubuh ikut merasakannya. Ukhuwah yang demikian kuat dapat diwujudkan secara nyata ketika ada yang menyatukn umat dalam satu negara, yakni Khilafah.

Kedua, melaksanakan syariah. Tugas utama Khilafah adalah menegakkan hukum syariat Islam. Memang ada sebagian hukum syariat yang dapat dijalankan oleh individu. Namun, tidak sedikit hukum syariat yang hanya bisa dijalankan oleh negara. Dengan demikian esensi khilafah adalah penagaan syariah secara kaffah. Ketika itu terjadi islam sebagai rahmatanlil'alamin akan terwujud dalam kehidupan.  

Ketiga, mengemban dakwah. Tugas Khilafah lainnya adalah mendakwahkan islam keseluruh dunia. Dengan Khilafah Islam dapat tersebar luas di berbagai penjuru dunia dengan cepat. 

Tuduhan bahwa syariah dan Khilafah adalah ancaman sesungguhnya bagian dari penyesatan politik dan upaya memalingkan umat dari ancaman sebenarnya. Khilafah merupakan entitas politik yang akan menerapkan syariah islam secara kaffah. Artinya melalui Khilafah inilah ideologi Islam akan eksis secara politis dan praktis. Dalam kacamata perang peradaban tentu keberadaan Khilafah semacam itu sangat tidak diinginkan oleh barat dan sekutunya. Mereka akan menghadang setiap upaya yang dapat menghantarkan pada tegaknya syariat Islam dalam institusi Khilafah. Saah satu caranya adalah mengkriminalisasi syariah dan Khilafah .

Khilafah Islam dengan penerapan ekonomi Islam akan mampu menghentikan krisis ekonomi global yang sistemik serta memberikan jaminan kesejahteraan nagi umat manusia. Diantara prinsip dan paradikma ekonomi yang akan dilakukan Khilafah untuk mewujudkan hal ini adalah dengan menjalankan politik ekonomi Islam, mengakhiri dominasi dolar dengan sistem moneter berbasis dinar dan dirham, mentolerir berkembang sektor non real atau sektor moneter yang menjadikan uanh sebagai komoditas, membenahi sistem pemilikan sesuai dengan syariah Islam dan mengelola sumber daya alam secara adil. 

Dengan demikian hanya Khilafah yang akan mampu mengubur sistem ekonomi kapitalis dan menggantikannya dengan sistem ekonomi Islam. 

Wallahua'lam bishowab.
banner zoom