-->

Peristiwa Penting pada Bulan Rajab


Atas izin Allah subhanahu wa ta'ala, banyak sekali kemuliaan bagi kaum Muslim terealisasi dalam bulan Rajab. Misalnya:

1. Momen hijrah kaum Muslim yang pertama ke Habasyah pada tahun ke-5 kenabian. 

===

2. Pada bulan Rajab pula Allahsubhanahu wa ta'ala meng-isra’-mikraj-kan Rasul ﷺ pada tahun ke-10 kenabian. Dalam Isra’ Mikraj itu Nabi ﷺ tidak hanya menerima titah kewajiban shalat. Beliau pun dikukuhkan sebagai pemimpin bagi seluruh umat manusia. Saat itu beliau dititahkan menjadi imam para nabi dan rasul terdahulu di Baitul Maqdis.

===

3. Atas kehendak Allah subhanahu wa ta'ala, bulan Rajab pun menjadi momen pertemuan pertama kali Nabi ﷺ dengan kaum Anshar yang mempunyai kemuliaan. Melalui tangan merekalah Negara Islam pertama tegak di Madinah. 

Sejak itu seluruh hukum syariah pun bisa diterapkan secara total. Dengan itu kesucian darah, harta dan jiwa pun bisa terjaga (Lihat: Al-Hakim, Al-Mustadrak (IX/497), hadis penuturan Jabir bin Abdullah ra.).

 ===

4. Bulan Rajab juga telah dijadikan oleh Allah subhanahu wa ta'ala sebagai momen istimewa peralihan kiblat kaum Muslim, dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, III/252-253). ‘

 ===

5. Pada bulan Rajab pula, yakni pada tahun ke-2 Hijrah, Rasul ﷺ mengirimkan detasemen Abdullah bin Jahsy. Pengiriman detasemen ini menjadi pendahuluan atas peristiwa Perang Badar (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, III/248-249). 

===

6. Demikian pula Perang Tabuk yang menggetarkan adidaya Romawi. Peristiwa ini terjadi pada bulan Rajab, yakni pada tahun 9 H (Ibnu Hisyam, As-Sîrah an-Nabawiyyah, V/195). 

===

7. Bulan Rajab juga telah menjadi momen penting bagi perwujudan kemuliaan pada generasi setelahnya. Kota Damaskus (Syam) dibebaskan oleh kaum Muslim di bawah panglima Abu ‘Ubaidah bin al-Jarrah ra. dan Khalid bin al-Walid ra. pada bulan Rajab tahun 14 H/635 M. 

===

8. Perang Yarmuk, yang dipimpin oleh Khalid bin al-Walid ra., menghadapi Romawi, juga terjadi pada bulan Rajab, yaitu pada tahun 15 H/636 M (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, VII/4). 

===

9. Khalid bin al-Walid radhiyallahuanhu membebaskan Hirah, Irak, juga pada bulan Rajab (Ibnu Katsir, Al-Bidâyah wa an-Nihâyah, VI/343).

===

10. Baitul Maqdis pun berhasil direbut kembali oleh kaum Muslim pada bulan Rajab, tepatnya pada 28 Rajab 583 H/2 Oktober 1187 M, di bawah kepemimpinan Shalahuddin al-Ayyubi, setelah mereka mengalahkan pasukan Salib dalam Perang Hittin. 

Saat itu pun azan kembali dikumandangkan dan shalat Jumat kembali dilaksanakan di Masjid al-Aqsha setelah 88 tahun diduduki tentara Salib.

—————————————
Sumber : Muslimah News ID