-->

MUHASABAH DIBALIK MUSIBAH


Muhasabah di Balik Musibah

Oleh : Fina Ummu Harun (Aktivis Muslimah Kota Cilegon) 

Diberbagai wilayah di lndonesia kini sedang mengalami musibah banjir bahkan ada korban yang sampai meninggal dunia akibat musibah banjir yang terjadi di tahun 2020 ini. 

Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga orang tewas dan ribuan orang mengungsi dan akibat banjir bandang yang menerjang enam kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Rabu (1/1). 

"Tiga orang meninggal dunia akibat banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi saat diwawancara CNN Indonesia, Selasa (2/1).

Musibah banjir ini semoga bisa menjadi renungan untuk muhasabah bahwa segala sesuatu yang terjadi tidaklah terjadi dengan sendirinya namun ada Allah SWT dibalik semua yang terjadi. 

Allah SWT berfirman:

وَلَـنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَـوْفِ وَا لْجُـوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَ مْوَا لِ وَا لْاَ نْفُسِ وَا لثَّمَرٰتِ ۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ ۙ 

"Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar,"
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 155)

الَّذِيْنَ اِذَاۤ اَصَا بَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۙ قَا لُوْۤا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِ نَّـاۤ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَ ۗ 

"(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali)."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 156)

اُولٰٓئِكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۗ وَاُ ولٰٓئِكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ

"Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 157)

Semoga Allah SWT menolong saudara-saudara kita yang kini sedang mengalami musibah, semoga semuanya diberikan kesabaran dan kekuatan, serta diberikan keikhlasan atas musibah yang terjadi dan kembali kepada Allah dengan menerapkan aturanNya secara kaffah di negeri ini. 
Aamiin