-->

Harapan Pendidikan Makin Maju, Akankah Terwujud?

Oleh : Tita Siti R
(Aktivis Muslimah) 

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Pendidikan juga merupakan sarana untuk mencapai segala tujuan sosial, yang dapat berguna untuk menjamin kelangsungan hidup seseorang. Pendidikan juga menjadi salah satu indikator dalam mengukur kesejahteraan masyarakat. Suatu masyarakat dengan tingkat pendidikan yang tinggi diharapkan juga memiliki kualitas hidup yang tinggi sehingga kesejahteraan dapat tercapai.

Seperti yang dikutip oleh media online mediakasasi.com, hari Senin (22/04), Drs Agus Hermawan. M.si. atau yang biasa dipanggil (Ama) mengatakan bahwa IPM Bidang Pendidikan Kabupaten Bandung di tahun 2023 memang meningkat. Meskipun saat ini pendidikan Indonesia mengalami banyak kemajuan, tetapi upayanya masih belum maksimal. Hal ini juga terkendala dengan masalah-masalah seperti kurangnya kesejahteraan tenaga pengajar, minimnya akses terhadap pendidikan hingga rendahnya tingkat pengetahuan dan ekonomi masyarakat.

Harapan seorang praktisi tentang kemajuan pendidikan saat hari jadi Kabupaten Bandung. Memaparkan bahwa ada kemajuan, tapi apakah sinkron dengan meningkatnya kualitas generasi? 

Salah satu indikator untuk mengukur kemajuan suatu negara dapat dilihat melalui kualitas pendidikan formalnya. Hal ini karena pendidikan dapat mencerminkan tingkah laku, sikap, dan sifat masyarakatnya melalui penerapan ilmu pada kehidupan sehari-hari. Namun, melihat situasi pendidikan Indonesia yang rasanya masih jauh dari faktanya. Sayangnya masalah pendidikan di Indonesia yang harus dihadapi sekarang bukan hanya soal pilihan ganda yang harus diubah jadi jawaban terbuka, melainkan masalah sistematik yang masih sulit dipecahkan. Masalah sistematik inilah yang membuat pendidikan di Indonesia memang harus memberi solusi dari akarnya terlebih dahulu. Pemerintah harus mampu fokus memberi kualitas pada daerah-daerah terpencil agar para siswa memiliki akses dan kesempatan yang merata. Pemerintah juga harus mengupayakan fasilitas terbaik dan kurikulumnya juga harus dibuat oleh pihak yang berkompeten dalam bidang pendidikan untuk masa depan. Dan dalam pembuatannya dapat bekerja sama dengan para ahli yang memang sudah berpengalaman.

Sekolah yang kini hanya menjadi mesin pencetak para pegawai yang siap terjun di Industri di bawah telunjuk para kapitalis, harusnya menjadi ganjalan bagi para praktisi pendidikan bahwa hasil tempaan sekolah bagi generasi adalah untuk membangun negeri khususnya Kabupaten Bandung ke arah kemajuan SDM, dalam pengelolaan segala potensi yang ada baik itu SDA, teknologi dsb. Generasi di masa yang akan datang adalah generasi kuat dan kokoh seperti yang dimaksudkan dalam QS An-Nisa ayat 9.

Seperti hadis tentang pendidikan yang disampaikan Rasulullah saw., “Barang siapa yang hendak menginginkan dunia, maka hendaklah ia menguasai ilmu. Barang siapa menginginkan akhirat, hendaklah ia menguasai ilmu. Dan barang siapa yang menginginkan keduanya (dunia dan akhirat), hendaklah ia menguasai ilmu.” (HR. Ahmad)

Dalam mewujudkan sistem pendidikan yang terus meningkat bagi Kabupaten Bandung atau seluruh generasi baik Indonesia ataupun dunia, maka harus kembali lagi pada cara pandang individu dan masyarakat serta para pemilik kebijakan tentang sistem yang benar yang mampu menempa generasi unggul, dan hanya Islam saja yang mampu mewujdukannya tentunya ketika telah dijadikan sebagai sistem kehidupan secara menyeluruh dalam berbangsa dan bernegara.

Solusi dalam pemerintahan Islam yakni, negara harus memberikan kebutuhan dan hak-hak kewajiban masyarakat serta menjamin kesejahteraan dan keamanan rakyat serta menerapkan Islam secara menyeluruh dan mentaati syariat yang Allah turunkan, karena syariatnyalah yang akan membawa kedamaian dan ketenangan di seluruh umat Islam di dunia. Dengan begitu harapan Pendidikan makin maju, akan terwujud.

Wallahualam bissawab