-->

Bencana Tiada Henti

Oleh: Sumarini

Catatan jumlah korban jiwa maupun kehilangan harta benda terus saja bertambah setiap harinya, belum hilang diingatan kabar bencana alam yang menimpa saudara-saudara kita yang kita lihat ataupun kita dengar dari Daerah lain masih diwilayah Negara kita ini, tiba-tiba kembali bencana datang ditempat berbeda, bahkan bisa jadi hanya dalam hitungan jam bencana bisa datang kembali ditempat yang lainnya lagi.

Ini merupakan sesuatu yang tidak bisa kita elakkan dengan mengingat bahwa secara Geografis Indonesia adalah Negara dengan banyak potensi bencana. Namun nampaknya Negara tidak tanggap dengan sepenuhnya akan hal ini, terbukti dengan adanya banyak korban benda maupun manusia, inilah akibat dari kelalaian Negara menjadikan bencana sebagai hal yang sepele sebab tidak adanya upaya mitigasi secara nyata agar tidak lagi jatuh korban karena bencana yang melanda.

Bencana demi bencana begitu sering terjadi di Negeri ini, Gempa Bumi, Longsor banjir dll. Yang kesemuanya itu menambah lagi penderitaan rakyat, bagaimana tidak ada yang kehilangan orang-orang yang sangat dikasihi, kehilangan rumah, harta benda lenyap dalam sekejap, seketika peristiwa bencana alam yang melanda membuat kita yang mengalami menjadi terpuruk dalam kehampaan, hilang harapan, mungkin hanya airmata yang tinggal, dan ini butuh keimanan yang kuat dan mantap untuk bisa jadi orang-orang yang ikhlas dan tawakal dalam menghadapi bencana yang sudah meluluh lantakkan semua yang ada.

Dalam hal ini yang seharusnya dilakukan Negara adalah memberikan perlindungan, memberikan rasa aman, dan juga ketenangan bagi mereka-mereka yang tengah mengalami kekalutan.

Kita ingat kembali beberapa waktu yang lalu bagaimana banjir lahar dingin semenit yang terjadi di Daerah lumajang, ribuan rumah warga di Sumbawa yang terendam banjir kemudia di Malang juga terjadi banjir dan longsor. Dan itu hanya beberapa dari begitu banyaknya bencana yang terjadi di Negeri ini, belajar dari semua ini lantas mengapa tidak mencari solusi bagaimana untuk menanggulangi bencana-bencana yang terus terjadi. Sekali lagi begitu jelas kalau mitigasi bencana di Negara kita ini sangat lemah, yang pada akhirnya terus saja mengorbankan banyak nyawa, dan juga harta benda, kenapa sih tidak peka akan masalah ini?

Tentunya akibat yang ditimbulkan dan terjadinya bencana alam itu tidak sedikit, kerugian akan hilangnya seluruh harta benda membuat kita tak punya bekal sama sekali, kecuali berharap Negara memberikan ganti rugi atas apa yang telah hilang akibat bencana. Sayangnya dalam hal ini Negara terkadang tidak bertanggung jawab. Kalaupun memberi bantuan sekedar memenuhi kebutuhan atas makanan, pakaian yang itu tidak sepenuhnya dapat mengatasi keadaan yang sebenarnya dibutuhkan rakyat.

Islam menjadikan Negara sebagai pelindung atas jiwa dan harta benda rakyat, tentu Negara akan melakukan berbagai upaya dalam rangka untuk memaksimalkan dalam menjaga keselamatan rakyat dengan penuh tanggung jawab.

Dalam rangka upaya untuk mencegah resiko bencana, Islam juga semaksimal mungkin akan bertanggung jawab akan hal ini.

Hari ini semua yang Islam janjikan belum bisa kita rasakan disistem ini. Lantas kenapa masih bertahan, dari bencana bisa kita jadikan juga sebagai jalan untuk bermuhasabah diri, bahwa kita mesti banyak-banyak berbenah ini merupakan kehendak Allah yang bisa kita jadi pelajaran untuk menjadi lebih baik dari sini mari kita jadikan Islam sebagai solusi. Negeri ini sedang benar-benar buruh Islam untuk penangguhan bencana yang terus saja datang melanda dan memporak porandakan isinya. Bisa jadi ini teguran dari Allah yang mengajak kita kembali kepada syariahnya.

Maka bersegeralah bertobat, aamiin...

Wallahu a'lam bishawab