-->

Maulid Rosulullah SAW Momentum Uswatun Hasanah

Oleh: Ai Hamzah

Memasuki bulan Rabiul awal umat muslim bersiap siap untuk memperingati acara maulid nabi. Berbagai acara pun sudah dipersiapkan oleh DKM ( Dewan Kemakmuran Mesjid). Biasanya acara maulid yang mereka lakukan dari tahun ke tahun tidak berubah dan itu bisa berbeda beda antara daerah yang satu dengan daerah lainnya. Umat begitu bersemangat dalam menyambut hari kelahiran Rosulullah SAW.


Dengan kesibukannya para muslimah bersiap memperingati Maulid nabi Muhammad Saw.  Sampai tak henti hentinya agenda maulid dari mesjid ke mesjid, dari majelis ke majelis. Dengan pengisi maulid ustadz ustadz terkenal. Berbagai hidangan dipersiapkan dengan mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Sungguh eforia umat muslim menyambut kelahiran suri tauladan nabi Muhammad Saw.


Tapi apakah hanya sampai disitu saja ketika mengagungkan beliau Rosulullah SAW? Cukup hanya dengan mengingat-ingat saja hari kelahirannya? Dan setelah itu selesai tanpa bekas. Bak bumi ditelan lautan hilang begitu saja. 


Padahal Rosulullah SAW adalah sosok yang diutus oleh Allah sebagai contoh. Tidak semata-mata Allah mengutus Nabi Muhammad Saw, tetapi sebagai suri tauladan bagi umatnya. Karenanya Allah menurunkan syariat Islam dengan sekaligus  contohnya yaitu nabi Muhammad Saw.


لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا


Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasûlullâh itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allâh dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allâh [al-Ahzâb/33:21]


فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرَ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرَّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ


Sesungguhnya sebaik-baik berita adalah kitab Allâh, sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad, seburuk-buruk perkara adalah perkara-perkara baru (dalam agama), dan semua bid’ah adalah kesesatan. [HR.Muslim no. 864]


Rosulullah SAW merupakan sebaik-baiknya petunjuk dalam kehidupan. Bagaimana Rosulullah SAW telah mengajarkan kepadanya umatnya mulai dari bagun tidur sampai kembali lagi tidur. Semua telah diatur didalam Islam dengan Uswatun Hasanah Rosulullah SAW. Beliau adalah suri tauladan dalam segala aspek kehidupan. 


Begitulah Rosulullah SAW telah memberikan ajaran Islam kepada umatnya. Ajaran Islam secara menyeluruh, tanpa memilah dan memilih. Beliau Rosulullah SAW telah mengajarkan kehidupan mulai dari yang berhubungan individu dengan dirinya sendiri (makanan, minuman, pakaian dll), individu dengan Allah (ibadah sholat, puasa, zakat dll), dan individu dengan sesama individu (muamalah; ekonomi, sosial, pemerintahan dll). 


Maka apabila mencontoh apa yang sudah dibawakan oleh Rosulullah SAW adalah ibadah. Semua dinilai dengan pahala sebagai ganjarannya. Apabila mengikuti jalan yang sudah di tunjukkan oleh Rosulullah SAW adalah surga bagi umatnya, begitu juga sebaliknya apabila ingkar maka neraka balasannya. Suri tauladan Rosulullah SAW sangat nyata dan mengundang Rahmat seluruh alam.

Wallahu alam