BULAN RAJAB BULAN KEMULIAAN

Oleh : Rokani (Aliansi Penulis Rindu Islam)

Bulan Rajab ialah bulan Kemuliaan, keutamaan bulan rajab yang termasuk bulan penting bagi umat Islam. Allah SWT menjadikan bulan rajab sebagai bulan haram atau bulan yang dimuliakan. 

Sehingga saat memasuki bulan rajab umat Islam akan bersuka cita menyambutnya.
Terdapat empat bulan haram yang memiliki kemuliaan yang luar biasa di luar bulan Ramadhan, yaitu Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Penyebutan bulan haram pada bulan rajab dan ketiga bulan lainnya karena pada bulan ini umat Islam dilarang berperang. Baik dengan sesama muslim ataupun dengan umat lainnya.

Dalam Al-Qur'an surah At Taubah ayat 36-37 yang artinya :

"Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan Bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa."(At Taubah :36)

"Sesungguhnya pengunduran (bulan haram) itu hanya menambah kekafiran. Orang-orang kafir disesatkan dengan (pengunduran) itu, mereka menghalalkannya suatu tahun dan mengharamkannya pada suatu tahun yang lain, agar mereka dapat menyesuaikan dengan bilangan yang diharamkan Allah, sekaligus mereka menghalalkan apa yang diharamkan Allah. (Oleh setan) dijadikan terasa indah bagi mereka perbuatan-perbuatan buruk mereka. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir." (At Taubah :37)

Sejarah mencatat, banyak peristiwa penting kaum muslimin yang terjadi di bulan Rajab. Seperti momentum hijrahnya kaum muslimin ke Habbasyah, di tahun 5 kenabian. Bulan Rajab juga dijadikan oleh Allah SWT sebagai momentum istimewa peralihan kiblat kaum muslimin dari Masjidil Aqsha ke Masjidil Haram. Selain itu Israj Mik'raj  juga terjadi di bulan Rajab. Dimana Nabi menerima perintah sholat. Juga pengukuhan Nabi sebagai pemimpin bagi seluruh umat manusia. Inilah doa yang kerap dibacakan Rosululloh SAW ketika memasuki bulan Rajab.

 “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.”

Selain berdzikir dan berdoa, pada bulan Rajab umat Islam juga dianjurkan untuk puasa sebanyak-banyaknya, sebagaimana juga pada bulan-bulan haram lainnya. 

Bulan Rajab sebagai sarana meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dengan melakukan amal-amal yang sholih yakni dakwah dan jihad. Sungguh, kita sangat merindukan suasana Rajab yang penuh dengan ketakwaan kepada Allah SWT, bukan dihabiskan dengan bersantai-santai atau dengan mengotorinya dengan hal yang sia-sia bahkan sampai pada hal kemungkaran.

__________________________________________

Dukung terus Penamabda.com menjadi media rujukan umat. 

Dukung juga channel youtube dan IG Pena Mabda ya sahabat!



banner zoom