Padamu Negeri, Bagaimana Nasib Kami?

Oleh: Rahmi Anggita dari Komunitas Muslimah Batam

Kasus Covid19 yang terjadi di Indonesia memang tak pernah padam, 1 tahun lebih negeri kita terdampak virus yang entah kapan akan berakhir. Bahkan Menko Kemaritiman dan Investasi mengatakan bahwa kita akan berdampingan dengan virus covid19. Segala upaya memang telah pemerintah lakukan, tapi apakah ada hasil yang nyata?. Justru kasus semakin bertambah, penyelesaian pun tak kunjung rampung. Uang rakyat dibabat habis oleh para maling berdasi, rakyat semakin miskin dan kelaparan. Memang sedari awal pemerintah telah salah ambil jalan sehingga kasus seperti ini tak kunjung usai.

Dilansir dari PikiranRakyat.com di Bekasi Jawa Barat, berdasarkan data Pusat Koordinasi dan Informasi covid19 hingga 31 Agustus 2021 kasus covid19 total menjadi 46.402 kasus. Sebanyak 952 anak di kabupaten Bekasi ini terpaksa menjadi yatim piatu lantaran orang tuanya meninggal akibat terinfeksi covid19. Anak yatim piatu tersebut berasal dari berbagi usia dari balita hingga anak usia menengah atas.

Jumlah kematian pun masih belum dapat ditekan hingga terus bertambah setiap hari, terbaru 523 pasien positif covid19 meninggal dunia. Dan dalam beberapa kasus, Komisioner Bidang Konseling Komisi Perlindungan Anak Daerah di Bekasi berulang kali menangani anak yang ditinggal meninggal orang tuanya akibat covid19. Anak terlihat takut karena tidak tahu bagaimana kelanjutan hidupnya setelah orang tuanya tiada.

952 anak menjadi yatim piatu itu pun di daerah Bekasi lantas bagaimana di daerah yang lainnya diseluruh Indonesia ini? Sudah selayaknya bahkan wajib bagi negara untuk memastikan keberlanjutan hidup mereka, bukan hanya berupa beasiswa dan pangan lebih dari itu pun mereka harus diperhatikan untuk membangun kembali motivasinya.

Kembali kewajiban negara untuk mengatasi segala polemik yang terjadi saat ini bukan untuk kasus covid19 saja melainkan semua yang sering terjadi dinegeri kita. Rakyat telah lelah dengan segala sistem yang amburadul ini, sudah saatnya kita kembali ke sistem yang benar benar bisa menaungi umat secara menyeluruh yaitu Sistem Islam.

banner zoom