Khilafah Solusi Final Atasi Pandemi

Oleh: Rifdah Nisa

Penamabda.com - Virus tak kasat mata mampu mengubah seluruh tatanan sektor kehidupan. Berawal dari pandemi covid 19, dunia kalang kabut atasi penyebaran virus yang kian waktu kian menjadi. sektor kesehatan menjadi tempat pertama rujukan untuk mencegah penularan dan perawatan korban. Vaksin yang belum ditemukan, fasilitas kesehatan yang minim kebijakan yang berseberangan antara pemerintah dan pihak nakes, semakin memperparah penyebaran virus sekalipun PSBB diterapkan. Akibatnya rumah sakit over load, korban tidak hanya masyarakat sipil, nakes menjadi sasaran utama penyebaran virus karena minimnya APD, nakes yang terbatas sehingga keamanan dan kesejahteraan mereka tidak terpenuhi. Krisis ekonomi kesehatan terjadi bahkan sampai skala global.

Tak berhenti pada krisis kesehatan global, perekonomian duniapun collapse. Menurut kepala ekonomi IMF gita gopinath "untuk pertama kalinya sejak depresi besar, baik negara berkembang maupun negara maju akan mengalami resesi di tahun 2020. 

Dalam outlook perekonomian dunia juni nanti pertumbuhan ekonomi nampaknya akan jauh lebih buruk jika dibandingkan dengan prediksi sebelumnya" . IMF memprediksikan perekonomian dunia akan mengalami guncangan 3% ditahun 2020. Penerapan PSBB diIndonesia berimbas pada produksi barang menurun, pergerakan ekonomi terhenti, pabrik-pabrik tutup. Distribusi barang terganggu karena berhentinya sarana transportasi, akibatnya terjadi PHK masal, pengangguran meningkat, daya beli masyarakat menurun. Dampak pandemi memberikan efek besar dalam perekonomian kapitalis karena sektor ekonomi riil ambruk berimbas pada ekonomi non riil sebagai menopangnya. 

Untuk memulihkan perekonomian pemerintah mengambil kebijakan new normal life. Menurut gugus tugas covid 19 data terbaru diIndonesia jumlah daerah zona merah sekitar 47,2% yaitu sebanyak 57 kabupaten/kota sedang sisanya berada pada zona kuning dan hijau, namun tidak menutup kemungkinan daerah zona hijau menjadi kuning/ merah. Hal ini menunjukkan kebijakan new normal life tidak tepat karena akan mengantarkan pada gelombang pandemi jilid2. Sebab kebijakan new normal life hanya melihat satu sisi yaitu pemulihan pergerakan ekonomi, namun tidak untuk menyelamatkan nyawa manusia. 

Ketika sistem ekonomi kapitalis gagal atasi pandemi, adakah solusi alternatif atasi wabah? Jawabnya ada yaitu khilafah. Dalam sistem khilafah sumber pemasukan negara bukan dari pajak dan riba. Namun dari 3 pos yaitu pertama, pos fa'i dan kharaj. kedua, pos kepemilikan umum. Ketiga, pos zakat. Selain 3 pos sumber pemasukan negara, nilai tukar menjadi aspek penting agar terjadi stabilitas perputaran uang. Mata uang khilafah yaitu dinar dan dirham (emas dan perak) karena nilainya stabil dari pada uang kertas yang berbasis kepercayaan. 

Saat atasi pandemi negara memisahkan orang yang sakit dan sehat. Orang yang sakit akan dirawat dirumah sakit dengan fasilitas memadai didukung dengan penelitian ilmiah. Semua itu difasilitasi negara secara gratis. Adapun orang yang sehat bisa tetap bekerja agar pergerakan ekonomi negara tidak terhenti. Orang yang sehat harus mematuhi protokol kesehatan sesuai arahan negara. Alat- alat yang digunakan sebagai protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer dll disediakan negara untuk kepentingan umum. 

Wallahu a'lam bishowwab
banner zoom