Darurat Corona, KH. Ma’ruf Amin Himbau Umat Islam Segera Bayar Zakat

Wakil Presiden, KH. Ma'ruf Amin (Foto: NU Online)

Banyak sekali seruan dari berbagai kalangan yang menyisihkan penghasilannya untuk membantu upaya penanggulangan virus Corona di Indonesia. Mulai dari pejabat, artis, maupun pengusaha.

Kali ini giliran Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang  mengimbau umat muslim Indonesia untuk segera menunaikan zakatnya sebagai upaya membantu warga miskin yang sangat membutuhkan uluran tangan.

Bahkan menurut Kiai ma’ruf pembayaran zakat bisa dimajukan karena situasi dalam negeri sangat mendesak dan sesuai dengan maksud dari zakat itu dibayarkan.

“Saat ini sangat tepat sekali yang kaya mengeluarkan zakat. (Yang biasanya dikeluarkan) tiap Ramadan, sebaiknya dimajukan waktunya dan pada sekarang ini sangat tepat karena memang masyarakat sangat membutuhkan,” kata Ma’ruf Amin saat konferensi pers virtual di Jakarta, sebagaimana dikutip dari Tempo.co (31/3/2020).

Menyikapi hal tersebut, secara khusus Ma’ruf Amin meminta badan amil zakat untuk mengatur penghimpunan dan pendistribusian kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan.

Di samping menghimbau untuk membayar zakat mereka yang berkecukupan untuk juga memberikan infaq bagi  rakyat yang membutuhkan. [tempo]
banner zoom