MUSLIMAH GLOWING DENGAN ISLAM

Oleh: Yunita Gustirini (Ibu Peduli Generasi) 

Sahabat remaja, kalian pasti sering mendengar istilah glowing. Yup! Istilah ini lagi ngetren kini. Istilah dari bahasa Inggris ini berarti bersinar atau berkilau.

Biasanya istilah ini dikaitkan dengan kondisi wajah seseorang. Glowing flawless skin. Wajah yang bersinar, kenyal dan putih mengkilap. Pokoknya sehat, gitu. Tanpa kusam, noda, berminyak, komedo, apalagi jerawat. Duh, jauh-jauh, deh!

Wajah glowing merujuk kepada kondisi kulit yang glowing. Biasanya ala kulit orang Korea. Karena trend wajah glowing juga seiring dengan digandrunginya tayangan dan artis-artis Korea.

Menurut skin beauty expert alias pakar kecantikan kulit, kudu dilakukan sejumlah treatment agar wajah glowing dapat dimiliki. Menggunakan krim wajah secara rutin. Juga cleansing, moisturizer, hingga serum. Ditambah sejumlah perawatan seperti peeling, facial dan laser yang harus digunakan secara berkala.

Duh, mau tampil cantik aja repot, ya! Pasti butuh waktu yang nggak instan. Belum lagi biayanya yang pasti menguras dompet. Tapi karena wajah glowing menjadi dambaan, banyak remaja rela melakukannya. Tak terkecuali remaja muslimah.

Begitulah kehebohan dalam kehidupan hedonis saat ini. Kecantikan luar berupa kecantikan wajah dan kemolekan tubuh menjadi standarnya. Seakan kebaikan seseorang hanya dinilai dari tampilan luar aja. 

Glowing dengan Islam

Islam tak menilai baik-buruknya seseorang dari tampilan fisiknya. Misalnya, yang terlahir cantik dianggap baik. Atau sebaliknya, yang terlahir cacat dianggap buruk. Karena menurut Islam, baiknya seseorang karena ketaatan pada Rabb-Nya. 

Allah Swt berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

"Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti." (QS. Al-Hujurat: 13).

Sahabat, tapi bukan berarti juga muslimah boleh kotor bin kusam, ya! Merawat wajah dan tubuh tentu perlu. Agar sehat dan segar. Utamanya, merawat tubuh dengan baik sebagai amanah dari Allah Swt. Jadi bukan semata karena ingin tampil menarik, ya!

Tapi sebaiknya, fokuskan energi untuk mempercantik akhlak. Karena kemuliaan akhlak menjadi pertanda orang yang beriman. Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada tubuh dan rupa kalian. Akan tetapi Allah melihat pada hati kalian." (HR. Muslim).

Rasulullah juga menegaskan: "Sesungguhnya orang yang terbaik di antara kalian adalah orang yang paling baik akhlaknya." (Mutafaq 'alaih).

Maka, meng-upgrade kemuliaan akhlak harus menjadi prioritas utama ketimbang sibuk memoles wajah. Bisa diawali dengan giat mempelajari Islam. Sebagai agama sempurna, Islam mengajarkan banyak akhlak mulia. 

Muslimah berakhlak mulia akan berlaku jujur. Senantiasa berkata dengan baik, memenuhi janji, dan bersikap baik kepada sekitarnya. Dia juga akan bersikap amanah dan selalu bersikap hati-hati. Muslimah akan menghiasi dirinya dengan rasa malu pada Allah. Sehingga dapat menjaga dirinya dari aneka perbuatan maksiat yang dimurkai Allah Swt. Dia juga akan berusaha mendakwahkan Islam. Agar kemuliaan Islam dapat tersebar dan dipahami umat. 

Masih banyak akhlak mulia lainnya yang bisa diterapkan. Yang akan membuat muslimah glowing sesungguhnya, terutama di hadapan Allah Swt. Tak mengapa dianggap 'kusam' di mata manusia. Asalkan 'glowing' di hadapan-Nya. Karena sesungguhnya kaum muslimin adalah kaum yang mulia, kaum terbaik.

Allah Ta’ala berfirman:

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ

“Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS. Ali Imron: 110).

So, masih mau ngotot ngabisin waktu dan biaya bikin wajah glowing ala Korea? Nggaklah, ya! Karena ketakwaan pada Allah Swt lebih utama dari sekadar penampilan luar. Sebaliknya, mari menjadi muslimah yang glowing dengan Islam. 

Wallahu a'lam.

---
Sumber : Muslimah Cinta Islam Lampung 
banner zoom