Jadilah Generasi Penakluk Peradaban, Jangan Menjadi Kaum Rebahan!

Oleh : Ummu Farras (Pemerhati Remaja) 

Sahabat SmartwithIslam, khususnya kalian kaum milenial, pasti kenal dong istilah kaum rebahan. Ups, apa tuh kaum rebahan? Jadi, lagi viral di media sosial nih guys, istilah kaum rebahan. Kaum rebahan itu, diidentifikasikan dengan mereka generasi millenial yang sangat suka tidur dan bermalas-malasan di kasur. Dan, kalau kita berselancar di dumay, istilah "Kaum Rebahan" itu merujuk pada orang-orang yang lebih memilih untuk bersantai dan berbaring di kasur daripada mengisi waktunya dengan hal yang positif dan produktif. Nah, sahabat, kamu termasuk kaum rebahan bukan nih? 

Sahabat remaja, istilah istilah seperti ini, sebenarnya hanya istilah kekinian anak muda jaman sekarang. Tapi, jika kita amati, istilah kaum rebahan ini sepertinya memiliki arti yang negatif bagi kaum remaja. Jika generasi millenial jaman sekarang dikatakan kaum rebahan, berarti mereka menganggap generasi jaman sekarang cenderung ga produktif, dan bersifat useless (ga berguna). Kamu mau ga, di cap seperti itu sobat? 
Na'udzubillah.. Jangan sampai ya kita sebagai remaja muslim dipandang ga berguna bagi masyarakat, bangsa, negara, apalagi agama. 

So, biar para remaja millenial tidak mau distigmanegatifkan dengan istilah kaum rebahan, maka kita para remaja harus bangkit menjadi remaja pembawa perubahan. Karena memang misi pemuda di bumi ini yaitu sebagai agent of change. Yaitu agen perubah. Peran pemuda pun amat penting bagi kebangkitan Islam dan Peradaban mulia. Kita harus jadi remaja yang multitalenta, dan berprestasi, baik dalam dunia pendidikan, maupun dunia dakwah dalam rangka amar ma'ruf nahi mungkar di tengah-tengah masyarakat. 

Sahabat, setiap detik kita hidup, otomatis umur kita pun berkurang di dunia ini, dan kita semua sebenarnya sedang menuju kematian. Kematian itu adalah kepastian ya sahabat. Allah SWT berfirman pada surat Al Ankabut ayat 57 :

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۖ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ  

Artinya : Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. 

Maka, jangan sampai kita lalai dan berleha-leha dalam hidup. Jadilah remaja millenial yang pintar memanage waktu. Gunakan waktu kita yang sebentar ini untuk memperbanyak amal ibadah kita. Salah satunya adalah dengan belajar, berdakwah, dan bersama sama memperjuangkan tegaknya syariat Islam demi kemuliaan kaum muslimin. So, jadilah remaja penakluk perubahan, jangan jadi kaum rebahan! 

Wallahu'alam bisshowwab 
______
Sumber : SmartwithIslam 



banner zoom