Sumayyah Muslimah Pertama yang Syahid Di Jalan Dakwah

Rasulullah ﷺ bersabda, "Berbahagialah wahai keluarga ‘Ammar, sesungguhnya kalian telah dijanjikan masuk surga." Sungguh suatu janji yang pasti ditepati. Sumayyah pun menjawab, "Wahai Rasulullah, aku telah melihat surga itu". Siksaan seakan tidak dirasakannya, karena kerinduan pada surga yang dijanjikan nyata adanya. Maka bertahan dalam keimanan dijalan Allah adalah pilihan terbaiknya. 
________________________________________
Namanya adalah Sumayyah binti khabath, ia bukanlah wanita terkenal di Makkah, tugasnya sehari-hari melayani tuannya Abu Hudzaifah bin Mughirah. Ketika tuannya memberikan perlindungan kepada Yasir, imigran dari Yaman, karena perilaku Yasir yang baik, menyenangkan, dari keluarga terhormat, Abu Hudzaifah bin Mughirah menjodohkan dengan Sumayyah. Dari pernikahan Yasir dan Sumayyah terlahirlah anak yang sholih bernama 'Ammar bin Yasir. 

Cahaya Islam menerangi hati dan jiwa keluarga Yasir. Mereka sekeluarga telah masuk Islam. Awalnya orang-orang di Mekkah tidak tahu, namun akhirnya keislaman keluarga Yasir menyebar keseluruh kota Makkah. Mendengar hal itu, bani Makhzumi marah besar, mereka memaksa keluarga Yasir untuk murtad, dengan cara menyiksanya. Namun tak menggoyahkan keimanan keluarga Yasir.

Orang-orang musyrik terus menyiksa Sumayyah, Yasir dan ‘Ammar (Semoga Allah merida mereka). Namun mereka menerimanya dengan sabar dan tegar karena mereka yakin bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan pengorbanan, Allah akan mengganti dengan surga yang luasnya seluas langit dan bumi. 

===

Pada suatu hari Rasulullah ﷺ lewat dan melihat keluarga Yasir tengah disiksa oleh orang-orang kafir, kemudian Rasulullah ﷺ bersabda, "Berbahagialah wahai keluarga ‘Ammar, sesungguhnya kalian telah dijanjikan masuk surga." Sungguh suatu janji yang pasti ditepati. Sumayyahpun menjawab, "Wahai Rasulullah, aku telah melihat surga itu". Siksaan seakan tidak dirasakannya, karena kerinduan pada surga yang dijanjikan nyata adanya. Maka bertahan dalam keimanan dijalan Allah adalah pilihan terbaiknya. 

Orang-orang kafir itu semakin kesetanan, menimpakan siksaan yang teramat keji kepada keluarga Yasir, adalah Abu Jahal laknatullah, menghujamkan tombaknya pada tempat kehormatan Sumayyah hingga Sumayyah meregang nyawa dan syahid lah ia. 

Mujahid mengatakan, ‘Wanita pertama yang gugur sebagai syahid di fase awal perkembangan Islam adalah Ummu ‘Ammar, Sumayyah. Abu Jahal menusuk qubul dengan tombak pendek.

Semoga Allah subhanahu wa ta'ala meridai keluarga Yasir.

===

Hambatan-hambatan dakwah selalu diciptakan oleh orang-orang yang tidak suka Islam itu jaya menyinari segenap bumi. Mereka akan melakukan segala makar dan tipu daya untuk memadamkan cahaya Islam, namun Allah hendak menyempurnakan cahayanya. Makar dan tipu daya mereka tiada guna. 

Dahulu Abu Jahal adalah tokoh kafir yang berperan besar dalam menghalangi menyebar nya Islam. Ia menggalang orang-orang Quraish untuk mengikuti langkah-langkahnya untuk memusuhi Islam. Jika dia mendengar orang kuat dan terpandang masuk Islam, ia akan mengecam, menghina, mempersulit peluang dagang, menghancurkan kekayaannya. Dan jika yang masuk Islam itu orang lemah dan miskin, maka Abu Jahal langsung menyiksanya. 

Sejarah sepertinya berulang, ketika Islam dalam posisi lemah karena belum tegaknya institusi negara yang mengemban pelaksanaan Islam Kaffah dalam naungan khilafah, maka kriminalisasi pada Islam dan pengembannya akan terus dilakukan oleh mereka yang tak suka Islam memimpin dunia. 

Oleh karena itu dakwah harus dikumadangkan hingga terwujud opini umum dan kesadaran umum ditengah-tengah masyarakat dunia. Hingga Allah menurunkan pertolongan Nya dengan tegaknya khilafah Rasyidah yang menyebarkan rahmat bagi seluruh alam.

_______
Sumber : Muslimah News ID 
banner zoom