Dakwah bukti Cinta bukan Benci

Oleh : Fina Ummu Harun (Aktivis Muslimah Kota Cilegon) 

"Lihatlah apa yang di sampaikan, bukan siapa yang menyampaikan" jika yang disamapaikan adalah sebuah kebenaran yang datangnya dari Allah SWT Dan Rasul_Nya maka cukuplah kita "Sami'na wa atho'na" dan cobalah untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Manusia memanglah tiada yang sempurna,  karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata, namun sebaik-baik manusia adalah yang senantiasa menyampaikan yang ma'ruf dan mencegah dari yang mungkar. 

Bukankah Rasulullah saw telah mencontohkan bagaimana beliau berdakwah dengan menyampaikan kebenaran yang datangnya langsung dari Allah SWT dengan penuh cinta beliau sampaikan kepada umatnya,meski luka dan derita yang beliau terima karena dakwah yang beliau lakukan adalah bukti cinta beliau kepada ummatnya. 

Setiap manusia pasti menyukai kebaikan namun tidak semua manusia bisa menerima kebenaran, padahal yang haq itu adalah datangnya dari Allah SWT,  namun sedikit sekali orang yang mau menerimanya, dan sungguh beruntung orang-orang yang terasing karena islam pun terlahir dalam keadaan terasing. 

Dimana ada banyak manusia yang memilih mengikuti kebanyakan orang meski tak tahu arah yang dituju sebenarnya adalah sebuah jurang yang sangat dalam. Namun berbahagialah orang-orang yang tetap istiqomah dalam kebenaran meski ada banyak halangan dan rintangan yang siap menghadang sehingga dunia ini akan terasa pahit dan menyakitkan, namun ada surga yang sedang menantikan. Allah SWT berfirman:

وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَ عَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَ نْهٰرُ ۗ كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِّزْقًا ۙ قَا لُوْا هٰذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَاُ تُوْا بِهٖ مُتَشَا بِهًا ۗ وَلَهُمْ فِيْهَاۤ اَزْوَا جٌ مُّطَهَّرَةٌ ۙ وَّهُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

"Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan berbuat kebajikan, bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Setiap kali mereka diberi rezeki buah-buahan dari surga, mereka berkata, Inilah rezeki yang diberikan kepada kami dahulu. Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa. Dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang suci. Mereka kekal di dalamnya."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 25)

Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang beriman yang senantiasa berbuat kebaikan, senantiasa ber'amar ma'ruf bagi mungkar kepada setiap manusia di istiqomahkan dalam kebenaran hingga maut menjemput dalam keadaan dakwah dan husnul khotimah.. Aamiin.. 
banner zoom