-->

Melaksanakan Syariah Islam Adalah Bukti Dari Keimanan

Oleh: Muthiah Nabila

Saat kita meyakini bahwa Allah sebagai pencipta dan pengatur kehidupan maka pembuktian keimanan itu adalah dengan kita senantiasa melaksanakan amal amal saleh yaitu menjalankan syariat atau hukum Allah secara Kaffah menyeluruh.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ کَآ فَّةً ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ ۗ اِنَّهٗ لَـکُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu."

(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 208).

Maka seorang mukmin/orang beriman tidak boleh membedakan antara kewajiban sholat dengan kewajiban menutup aurat, haramnya daging babi dan haramnya riba, kewajiban berbakti kepada orang tua dan kewajiban menjatuhkan hukuman cambuk bagi pezina bukan memilah atau mengambil sebagian hukum Allah.

Saat ini kita tau betapa menyedihkan kondisi saudara kita di Palestina. Mereka di bombardir di bunuh secara besar besaran baik dari kalangan anak kecil, perempuan maupun laki laki, rumah mereka hancur, tanah mereka terbakar, rumah sakit juga mereka rusak. Kita umat islam sangat banyak tapi bagai buih di lautan tidak bisa berbuat banyak untuk menolong saudara kita di palestina karena saat ini kita sudah jauh dari hukum Allah . Kita tidak menegakkan syariah islam secara kaffah , kita kehilangan  pemimpin umat yang bisa menyatukan umat hingga yang seharusnya genosida itu urusan kaum muslimin akhirnya karena faktor lainnya yaitu sekat nasionalisme mengakibatkan umat terpecah belah dan kini paham kapitalisme masalah kota rempang kepulauan riau menjauhkan kita dari rasa peduli misalnya yang penting kita bisa tidur nyenyak tidak memikirkan dan tidak merasakan rasa sakit yang di derita oleh muslim lainnya.

Dari nu'man bin Basir Dia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam Sabda perumpamaan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai mengasihi dan menyayangi diantarakan adalah ibarat satu tubuh Apabila ada salah satu tubuh sakit maka seluruh tubuh akan ikut terjaga tidak bisa tidur dan panas turun merasakan panas hadist nomor 4685.

Maka seharusnya  sesama muslim kita harus saling membantu disaat saudara kita sedang dalam kesulitan. karena  bukti mengasihi atau bukti cinta kepada sesama muslim adalah pengorbanan, maka apa yang harus kita lakukan apa hanya dengan perjuangan doa batuan makanan, obat obatan.

Benar itu juga merupakan bantuan  tapi ini bukan solusi tuntas karena ada syariat yang sangat penting yaitu adanya Khilafah karena tidak bisa kita menjalankan syariat Islam secara Kaffah tanpa adanya sistem Islam atau Khilafah.

Persoalan Palestina terdapat dalam Quran surah Al Isra' ayat 4 sampai 5

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَقَضَيْنَاۤ اِلٰى بَنِيْۤ اِسْرَآءِيْلَ فِى الْكِتٰبِ لَـتُفْسِدُنَّ فِى الْاَ رْضِ مَرَّتَيْنِ وَلَتَعْلُنَّ عُلُوًّا كَبِيْرًا

"Dan Kami tetapkan terhadap Bani Israil dalam Kitab itu, "Kamu pasti akan berbuat kerusakan di Bumi ini dua kali dan pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.""

(QS. Al-Isra' 17: Ayat 4)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

فَاِ ذَا جَآءَ وَعْدُ اُوْلٰٮهُمَا بَعَثْنَا عَلَيْكُمْ عِبَا دًا لَّنَاۤ اُولِيْ بَأْسٍ شَدِيْدٍ فَجَا سُوْا خِلٰلَ الدِّيَا رِ ۗ وَكَا نَ وَعْدًا مَّفْعُوْلًا

"Maka apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang pertama dari kedua (kejahatan) itu, Kami datangkan kepadamu hamba-hamba Kami yang perkasa, lalu mereka merajalela di kampung-kampung. Dan itulah ketetapan yang pasti terlaksana."

(QS. Al-Isra' 17: Ayat 5).

Bahwa Allah akan mengirimkan pasukan terbaiknya dan sebaik-baik pasukan takkan terkalahkan adalah Pasukan Islam salah satunya yaitu persatuan umat Islam dalam naungan Khilafah.

Khilafah sudah di contohkan langsung oleh manusia paling mulia yaitu rasulullah,

maka sangatlah penting bagi sahabat dan umat untuk mencontoh dan menjalankan apa yang di ajarkan oleh nabi muhammad rasulillah, maka dari pada itu pada masa sahabat bergegas mendirikan Khilafah khalifah pertama sayyidina Abu Bakar As Siddiq dan khalifah artinya pengganti Rasulullah saat beliau telah wafat pada masa Abu Bakar As Siddiq memerintah selama 2 tahun 77 hari atau 11 sampai 13 Hijriah meskipun sangat singkat banyak sekali kebijakan yang membawa peradaban Islam semakin besar salah satu kebijakan dari Abu Bakar As Siddiq yaitu mengutip buku berjudul ta'rif khulafah sejarah para khalifah karangan Sulaiman.

1.Memerangi kemunafikan dan kaum yang murtad. 2.Menghimpun Alquran.

3.Perluasan wilayah Islam.

khilafah yang merupakan syariat islam yang paling penting ini juga di lanjutkan oleh sahabat lainnya yaitu kholifah Umar bin Khatab , Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib dan kita melihat dalam sejarahnya bahwa ketika syariat islam di terapkan secara kaffah maka umat menjadi lebih makmur dan terjaga baik dari segi kehormatan, aqidah , ekonomi, pendidikan dan kenegaraan. Dan yang paling penting Allah akan ridho terhadap hamba nya yang senantiasa berusaha untuk menerapkan dan taat dan kepada hukum nya secara kaffah. Wallahu 'alam bish shawab.