Target Naikkan IPM

Oleh : Sri Mulyani Awaliyah

Dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) tahun mendatang Bupati Bandung mengatakan sebanyak 23 unit SMP dan SMA baru akan dibangun di Kabupaten Bandung.
Kabupaten Bandung juga sudah meluncurkan pinjaman modal tanpa bunga yang melibatkan Bank Jabar cabang Soreang serta BPR Kerta Raharja. Selanjutnya, guna meningkatkan IPM dan sektor perindustrian Pemkab Bandung telah melakukan kebijakan dengan tidak terlalu memperketat serta memudahkan pelayanan perizinan bagi para pelaku industri.( detik.comjabar)

Tidak cukup hanya sekedar membangun infrastruktur, tapi juga bagaimana seluruh rakyat bisa mengakses hasil pembangunan dan pelayanan fasilitas umum. Terlebih tolak ukur IPM dalam sistem kapitalisme tidak jelas, hanya berupa angka saja yang kadang tidak sesuai dengan fakta. Bahkan akses untuk menikmati infrastruktur dan  pelayanan tidak sesuai harapan. Jadi yang di kejar hanyalah angka-angka standar yang telah ditetapkan PBB bukan kondisi yang sebenarnya. Jadi IPM tinggi bukan jaminan hidup masyarakat berkualitas.

Satu-satunya sistem yang mampu mewujudkan pembangunan manusia sesuai dengan penciptaannya yang memiliki peran sentral dalam membangun peradaban cemerlang adalah Islam.
Dalam Islam pembangunan manusia bukan diukur dari pembangunan infrastruktur semata, melainkan seberapa berhasil mereka menjalankan tugasnya yang utama dan bagaimana kontribusi nya dalam dakwah Islam.
Selain itu Islam juga menempatkan negara sebagai pengatur urusan umat yang wajib memenuhi kebutuhan baik laki-laki maupun perempuan, menjamin kesejahteraan mereka dengan pengelolaan sumber daya alam sesuai dengan syariat yaitu dikelola mandiri oleh negara tidak diberikan kepada korporat dan hasilnya diberikan kepada rakyat. Hanya aturan Islam yang mampu menjaga keberlangsungan umat.

Wallahu alam bishawab

banner zoom