-->

Titik Awal Kembalinya Khilafah

Oleh : Azzah Sri Labibah SPd. 
(Pengasuh Majelis Taklim Remaja Paciran) 

Penamabda.com - Kabar gembira bagi kaum muslim baik di Turki maupun muslim seluruh dunia karena Hagia Shopia kembali difungsikan menjadi masjid, meskipun sebelumnya difungsikan sebagai museum oleh Mustafa Kemal Ataturk pada 1934.

Pada 10 Juli 2020 Pengadilan tinggi tata usaha telah resmi membatalkan dekrit yang dikeluarkan oleh Mustafa Kemal Ataturk tahun 1934. Keputusan pemerintah Turki ini disambut baik oleh kaum muslimin. 

Hagia Sophia memang difungsikan sebagai Masjid pada masa kekhilafahan Turki, Namun, diubah oleh Mustafa Kemal Ataturk menjadi museum 10 tahun kemudian saat ke-Khilafahan Turki Utsmani berhasil diruntuhkannya pada tahun 1924 M.

Saat ke-Khilafahan Turki Ustmani berhasil diruntuhkan oleh Kemal Ataturk pada 1924 M, maka saat itu pula sistem pemerintahan Islam khilafah diubah oleh Kamal Ataturk menjadi negara sekuler. 

Ke-khilafahan Turki Ustmany menjadi negara sekuler, semua simbol-simbol Islam-pun dihilangkan, hukum islam pun dilenyapkan dan juga sekolah-sekolah diubah menjadi sekolah umum(sekuler). Tak ketinggalah masjid juga banyak yg dihapuskan atau diubah-fungsi menjadi bukan masjid lagi. 

Jika dengan diubah fungsikannya kembali Hagia Sophia sebagai masjid, setelah sebelumnya 86 tahun difungsikan sebagai museum telah membuat kaum muslimin merasa senang dan bahagia, tentunya umat Islam juga bahagia menyambut kembalinya peradaban Islam dalam naungan khilafah.

Karena dengan kembalinya sistem pemerintahan Islam khilafah ini maka akan menjadi perisai bagi umat Islam dan membantu untuk melaksanakan semua hukum islam 

Dengan kembalinya Hagia Sophia ini difungsikan sebagai masjid, semoga menjadi titik awal kembalinya pula sistem pemerintahan Islam khilafah yang akan membebaskan kaum muslim dari penjajahan barat lewat sistem Kapitalis, sekuler.
Amiin.

Wallahu A'lam.