Jokowi Sebut Beda soal Mudik dan Pulang Kampung, ini Versi KBBI dan Tesaurus

Presiden Jokowi sudah mengeluarkan kebijakan larangan mudik di tengah pandemi wabah corona atau COVID-19. Kebijakannya ini lalu dikritisi banyak orang, karena dianggap telat setelah hampir satu juta orang sudah pulang kampung ke daerah masing-masing.

Kemudian ada satu hal yang menarik di balik kebijakannya itu. Jokowi menyebut mudik dan pulang kampung adalah sesuatu hal yang berbeda. Hal itu terungkap dalam acara Mata Najwa yang ditayangkan pada Rabu (22/4) malam di Trans7.

Jokowi menjawab pertanyaan Najwa Shihab sebagai host, kenapa kebijakan larangan mudik baru keluar sekarang, padahal sudah banyak orang tersebar di kampung halamannya masing-masing.

Ilustrasi mudik
Ilustrasi mudik. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

"Hampir satu juta orang mudik, sudah 900 ribu orang mudik dan sudah tersebar ke berbagai daerah. Apakah keputusan itu baru akan dikeluarkan melihat situasi tapi faktanya sudah ada penyebaran orang di daerah," tanya Najwa.

Jokowi kemudian menjawab dengan enteng.

"Kalau itu bukan mudik, itu namanya pulang kampung. Mereka bekerja di Jabodetabek, di sini sudah tidak ada pekerjaan lagi, pulang karena anak istrinya ada di kampung," jawab Jokowi.

Najwa pun terheran-heran dengan jawaban Jokowi. Karena mudik dan pulang kampung adalah sesuatu yang berbeda.

"Apa bedanya Bapak, pulang kampung dan mudik?" tanya Najwa.

Menurut Jokowi, mudik itu pulang kampung pada saat lebaran.

"Mudik itu di hari lebarannya, beda. Kalau pulang kampung kan kerja di Jakarta anak istrinya di kampung," kata Jokowi.

Potongan video perbincangan Najwa dan Jokowi pun kemudian viral dan ramai diperbincangkan. Karena, pada umumnya mudik dan pulang kampung adalah hal yang sama.

Untuk membedah itu, mari kita cek di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, dan Tesaurus Tematik online yang juga dikeluarkan oleh Kemendikbud.

KBBI

Mudik

Mudik ada dua arti, pertama sebagai bentuk kata kerja yang artinya berlayar atau pergi atau ke udik yang artinya ke hulu sungai atau pedalaman.

Kedua, sebagai bentuk kata kerja juga yang artinya pulang ke kampung halaman.

Pulang Kampung

Pulang kampung memiliki arti kembali ke kampung halaman, atau mudik.

Tesaurus

Mudik

Mudik berbentuk verbal. Ada beragam aneka kata yang berasal dari kata mudik. Seperti bolak-balik, hilir mudik, ke sana kemari, kian kemari, maju mundur, mondar-mandir, naik turun, pulang pergi.

Kemudian ada kata kerja yang biasa dilakukan orang, mudik artinya, pulang kampung, pulang rantau.

Pulang Kampung

Pulang kampung artinya mudik, pulang kampung, pulang rantau

Jadi bagaimana? Setelah membaca KBBI dan Tesaurus adakah perbedaan antara mudik dan pulang kampung? [kumparan] 

banner zoom