Dengan Islam Hidup Sehat Kebaikan Berlipat

Oleh : Isti Rahmawati, S.Hum.

Di tengah ramainya ketakutan masyarakat terhadap penyakit corona oleh virus Covid-19, berbondong-bondong mulai menggalakan kembali hidup bersih. 
Berbagai iklan layanan masyarakat mulai menggencarkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, olahraga yang cukup, juga bagaimana etika bersin sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona yang sedang merebak.

Sebagai seorang Muslim, hal-hal yang digencarkan tersebut sebetulnya sudah dikenalkan dalam Islam. Bagaimana seorang muslim harus makan makanan yang toyyib dan yang paling penting adalah halal. 

Halal tentu bukan sekadar standar untuk mendapatkan makanan yang sehat saja, namun juga bentuk ketaatan manusia kepada Allah. Diatur secara rinci dalam Islam makanan apa saja yang dibolehkan dan diharamkan. 

Selain makanan sehat, Islam juga mengedepankan hidup sehat dengan olah raga. Di zaman Rasulullah banyak dikisahkan bagaimana raga para sahabat yang kokoh dan kuat. Sebagaimana mereka disunnahkan untuk pandai berkuda, berenang dan memanah. 

Dari Abu Hurairah Radiyallahu anhu ia berkata: Rasulullah Sallallahu Alayhi Wasallam bersabda: “Orang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada orang mukmin yang lemah, namun pada masing-masing (dari keduanya) ada kebaikan. 

Yang paling luar biasa di dalam islam adalah adab bersin bagi muslim. Selain menutup mulut, disunnahkan untuk saling mendoakan di antara yang bersin dengan orang disekitarnya. Ketika seorang muslim bersin, maka disunnahkan untuk membaca doa lalu dibalas dengan doa kembali oleh orang di dekatnya lalu yang bersin membalas doanya kembali. 

Sungguh indah aturan dalam Islam. Hidup sehat yang tak hanya sehat untuk tubuh melainkan sehat untuk hati kita. Untuk sekadar bersin saja, seorang muslim diikat dengan doa. Senantiasa dikaitkan dengan idrak sillabillah atau hubungan dengan Allah. Terdapat banyak kebaikan bagi seorang muslim yang saling mengucap doa ketika ada yang bersin. Tak hanya sehat, namun juga berbuah pahala. MasyaAllah.

Selain itu, masih banyak pula pola hidup sehat yang telah diatur oleh Islam seperti thaharah atau bersuci. Di dalam kajian-kajian fiqih, thaharah merupakan bab awal yang dibahas. Secara rinci, Islam juga menjelaskan bagaimana cara bersuci, berbagai macam najis. Tidak hanya bersih yang di dapat namun juga pahala dan kebaikan.

Itulah indahnya Islam. Tak hanya urusan ibadah seperti shalat dan puasa saja yang diatur. Kehidupan sehari-hari pun diatur secara rinci di dalam Islam. Bahkan untuk urusan publik seperti negara pun, telah diatur secara sistematis. Lantas? Tidak ada yang lebih baik dari sistem Islam. Hanya Islam satu-satunya agama yang mengatur secara rinci kehidupan manusia di segala aspek. 

Wallahualam bi shawab
banner zoom