Menjadi Hamba Allah yang Merdeka


Oleh: Yuana Ryan Tresna

Banyak yang ragu untuk berkata benar. Hanya karena masih memperhatikan penilaian dan rida manusia. Imam Ahmad bin Hanbal telah meninggalkan pesan yang amat dalam,

‏تركت رضى الناس حتى قدرت أن أتكلم بالحق.

"Aku tinggalkan ridha manusia, hingga aku mampu untuk berbicara menyampaikan kebenaran." (Siyar A’lam an-Nubala', 11/34)

Hari ini, banyak yang ragu bahkan takut untuk jujur mengatakan kebenaran Islam. Sebagian ajaran Islam dianggap berbahaya. Umat juga kian bingung, tokoh mana yang harus diikuti, karena sebagian mereka menyembunyikan kebenaran itu. 

Ruang gerak dan kata rakyat dibatasi; tidak boleh ini dan itu. Jihad yang merupakan puncak kemuliaan Islam saja dicurigai ajarannya. Apalagi kalangan ASN, tidak boleh berkata ini dan itu; tidak boleh like dan share ini dan itu. 

Kenalilah pelaku kebenaran dari kebenaran itu. Imam Al Ghazali pernah menyampaikan suatu resep penting, 

فاعرف الحق تعرف أهله إن كنت سالكاً طريق الحق

"Maka kenalilah kebenaran, pasti kamu akan tahu siapa pemiliknya, jika kamu benar-benar ingin meniti jalan kebenaran." (Ihya Ulumiddin, 1/173)

Oleh karena itu, jangan pernah terselip rasa takut dan khawatir dengan kehilangan harta, jabatan dan popularitas, jadilah hamba Allah yang merdeka.

__________
Sumber : Muslimah News ID 
banner zoom