-->

Bunuh Diri Dianggap Solusi, Salah Siapa?

Oleh: Sumarini

Penamabda.com - Deretan panjang masalah Bunuh Diri di Negeri ini sudah sangat meresahkan. Namun kenyataannya bagi penguasa tidaklah menjadi pengaruh penting untuk dijadikan perhatian meski ini sudah menyangkut nyawa manusia.

Faktor-faktor apa yang membuat Bunuh Diri ini semakin meraja lela tentunya, kita bisa membayangkan bagaimana sistem yang mengayomi kita sekarang ini adalah Sistem yang memisahkan Agama dari kehidupan, yang imbasnya menjauhkan kita dari kehidupan yang sesuai dengan aturan Allah. Kalau dari faktor perindividunya jelas kurangnya Keimanan ditambah lagi dari Orang Tua yang salah kaprah dalam mendidik dan mengasuh anak-anaknya lalu di Masyarakat sendiri kalau itu didalam Islam ada yang namanya kontrol masyarakat lah sekarang ini.

Justru masyarakatnya saling tidak peduli, sibuk dengan urusannya masing-masing demi memenuhi yang namanya kebutuhan hidup mereka. Disini yang paling utama adalah Negara sebagai pelindung bagi Rakyat, tidak akan terjadi begitu banyaknya deretan Peristiwa Bunuh Diri jika Negara benar-benar memberikan perhatian penuh pada Rakyatnya.

Bunuh Diri tidak hanya merambah pada kalangan tertentu saja. Bisa terjadi pada Orang-orang kaya, orang miskin apalagi. Faktor usia juga tidak menghalangi, mau itu Remaja, anak-anak bahkan yang usianya sudah lanjut juga. Semuanya masuk menambah daftar panjang rentetan kejadian Bunuh Diri di Negeri kita ini.

Bermacam-macam masalah sekarang ini yang itu tidak ditemukan solusinya. Membuat Bunuh Diri adalah merupakan jalan satu-satunya sebagai Alternatif menyelesaikan persoalan yang dianggap sudah begitu menggunung dan membuat bingung sampai harus mengakhiri hidup dengan cara Bunuh Diri, begitu Tragis! Ya Allah...

Sekali lagi tegas ini adalah akibat dari kelalaian Pemerintah yang jauh dari kata peduli kepada rakyatnya. Membangun Manusia tidak hanya dari aspek fisik saja namun Pembangunan mental juga sangat penting. Akidah Islam sebagai dasar yang kuat menjadikan manusia-manusia yang tangguh dan sabar. Aqidah Islam juga adalah merupakan keyakinan yang benar-benar menanamkan bahwa ada hari akhir yang akan mempertanggung jawabkan setiap perbuatan kita saat di Dunia ini. Sehingga kita akan berhati-hati dalam setiap mengambil keputusan.

Lagi dan lagi semua permasalahan yang terjadi jelas bersumber dari kurangnya perhatian Pemerintah dari segala aspek dalam memenuhi kebutuhan baik itu di bidang Ekonomi dengan imbasnya kemiskinan, Sosial-Budaya yang membebaskan paham-paham asing dengan segala Trend yang tidak layak dijadikan sebagai bahan percontohan tanpa dilihat apakah bermanfaat yang terpenting hanya jika ada kemaslahatan maka dibebaskan, mengakibatkan kerusakan pada Generasi yang kecanduan akan Trend-trend hari ini, yang kesemuanya bersifat merusak. Dan Bunuh Diri merupakan solusi bagi mereka ketika sudah diambang keputus asaan akibat dari terganggunya kesehatan mental.

Pacaran yang jelas-jelas dilarang oleh Allah Swt. itu yang banyak dan rata-rata dilakukan oleh remaja saat ini. Hamil diluar nikah karena kebablasan, Orang tua yang Notabene nya juga kurang peduli akan perkembangan anak-anak mereka, menjadikan runtutan peristiwa yang akhirnya menjebloskan mereka ke jurang kehancuran, bingung, malu, dan ini hanya sedikit contoh dari seabrek permasalahan atas terjadinya peristiwa Bunuh Diri.

Rangkaian peristiwa ini tidak bisa untuk terus dibiarkan dengan segera mesti dihentikan agar jangan lagi ada korban baru. Mengajak kembali kepada Islam adalah satu-satunya cara yang bisa memutuskan sederetan aksi Bunuh Diri yang begitu gencar dilakukan oleh Generasi hari ini. Mereka menganggap dengan mengakhiri hidup ini maka selesailah atau tidak akan merasakan lagi yang namanya beban penderitaan yang mereka alami, meski pada kasus ini Allah dalam Al-Qur'an telah menegaskan pada sebagian 

Surah An-nisa : 29 yang artinya

"........ Dan janganlah kamu membunuh dirimu sungguh Allah maha penyayang kepadamu."

Dan akibat dari semua ini jelas Allah akan memberikan Ganjaran yang setimpal, maka banyak-banyaklah kita beristigfar dan mengingat Allah dan bersegera kembali kepada-Nya.

Pada akhirnya marilah kita sama berjuang untuk merubah pemikiran dangkal para Pemuda hari ini. Tidak hanya itu umat juga butuh kita saat ini, teruslah memahamkan Islam kepada mereka tanpa putus asa. Katakan bahwa Bunuh Diri bukanlah solusi, tapi Islamlah solusi dari semua permasalahan hidupmu hari ini.

Wallahu a'lam bishawab