Semakin Akrab Semakin Sopan

Oleh : Aya Ummu Najwa

Penamabda.com - Akhlak adalah cerminan akidah seseorang. Maka dalam atau dangkalnya ilmu seseorang bisa dilihat sedikit banyak dari tingkahlakunya. Bagaimana dia memperlakukan saudaranya, bagaimana dia menyelesaikan masalahnya, juga bagaimana dia bertingkah laku sehari-hari.

Sebagai makhluk sosial, manusia tak bisa hidup sendiri, dia membutuhkan teman dalam hidupnya. Untuk berinteraksi dengannya, menyelesaikan masalahnya, memuaskan nau'nya dan sebagainya. Maka dalam bergaul, kadang seseorang akan berbeda antara keadaan baru bertemu dengan keadaan setelah sudah menjadi akrab.

Terkadang orang akan merasa biasa jika sudah semakin akrab. Adab-adab berbicara, bertindak, mulai biasa tanpa ada rasa canggung bahkan sopan santun pun mulai hilang. Mulai Suka bercanda yang kadang keterlaluan dan melampaui batas. Ledekan, lawakan, juga sering terjadi kejutan-kejutan, yang sifatnya gurauan namun kadang menyinggung dan menyakiti saudaranya. Semakin akrab semakin tak sopan. Padahal dalam Islam, adab pergaulan seorang Muslim harus tetap diperhatikan, hak-hak seorang mukmin pun harus tetap dijaga.

Nabi Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda,

خيْرُ الْأَصْحابِ عِنْد اللهِ خيْرُهُم لِصَاحِبِه ، وخيْرُ الجيرانِ عنْدَ اللهِ خيْرُهُم لِجارِه

"Sahabat yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap sahabatnya. Tetangga yang paling baik di sisi Allah adalah yang paling baik sikapnya terhadap tetangganya." (HR. At Tirmidzi 1944, ia berkata: "Hasan Gharib", dishahihkan Al Albani dalam Silsilah Ash Shahihah).

Dalam kitab Fathul Bari karya Al Hafidz Ibnu Hajar al-'Asqalani, juga dikatakan bahwa ketika seseorang akidahnya baik, maka adabnya terhadap sesamanya pasti akan baik. Karena perilaku seseorang terhadap sesamanya adalah cerminan adabnya terhadap Rabbnya.

Dia akan memperlakukan saudaranya dengan adab yang paling mulia. Menghargainya, tidak merendahkannya dan tidak mencelanya, walaupun mungkin mereka telah kenal lama. Karena, mengenal lebih lama harusnya menjadi pendorongnya untuk memperlakukan saudaranya dengan baik dan mulia.

Kenal lama dan menjadi akrab bukan alasan untuk tidak berperilaku mulia. Dia akan senantiasa menghormati saudaranya, menjaga haknya, menyimpang aibnya, dan berkasih sayang kepadanya. Karena sebagai seorang mukmin sudah seharusnya adab dan tingkah laku yang terbaiklah yang harus ditunjukkannya. Adab adalah cerminan kualitas ilmu seseorang, sudah seharusnya seorang mukmin senantiasa menuntut ilmu syar'i dan ilmu yang lainnya, di samping dia terus memperbaiki akhlak dan tingkah lakunya. Jadi, semakin akrab hubungan seharusnya semakin sopan tingkah lakunya.

Wallahu a'lam.
banner zoom