KEKUATAN SEDEKAH PEMICU DATANGNYA BERKAH

Oleh: Ria Harmonis
[Remaja Penyeru Islam]

Hakikatnya manusia adalah makhluk yang Allah SWT sertakan padanya kebaikan. Sebagai manusia fitrahnya ingin selalu berbuat baik kapanpun, kepada siapapun, dan dengan kondisi apapun. 

Kebaikan yang dilakukan bukanlah hal yang sia-sia, sudah pasti Allah sertakan pahala di dalamnya. Dengan niat yang ihklas pada Allah SWT dan juga caranya benar. Bahkan kebaikan yang kita lakukan akan Allah gantikan dengan yang lebih baik lagi. 

Allah telah janjikan pahala bagi siapapun yang berbuat kebaikan. Begitu juga dengan jalan sedekah. Allah Swt telah menjanjikan akan melipat gandakan pahalanya bagi siapapun yang bersedekah. 

Sebagaiamana firman Allah yang terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Hadid: 18.

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” 
(Qs. Al Hadid: 18)

Selain dilipat gandakan pahalanya, sedekah juga mendatangkan berkah.
Sedekah menjadi salah satu perbuatan yang Allah Swt janjikan keberkahan pada diri seseorang yang melakukannya. 
Maka tidak dapat dipungkiri setiap manusia ingin mendapatkan berkah dalam hidupnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008:179), berkah adalah “karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia”.

Dengan berkah manusia akan merasakan nikmatnya hidup dengan hal-hal yang selalu terkait pada Allah, sehingga sedekah bukan alasan berkurangnya harta kita. 
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Prinsip dari sebuah sedekah adalah berkah. Paksakanlah untuk bersedekahlah hingga muncul kecintaan dalam bersedekah. Bukan menunggu cinta itu muncul baru kita bersedekah. Paradigma ini harus kita bangun agar kita menjadi hamba yang mudah bersedekah. Dan sedekah menjadi hal yang mudah,  maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bersedekah setiap harinya. Karena sedekah adalah salah satu pemicu datangnya berkah.

والله أعلم بالصواب


banner zoom