-->

Target Positif Untuk Hidup Positif


Target Positif Untuk Hidup Positif

Oleh : Ummu Farras (Pemerhati sosial dan Aktivis Muslimah Kota Cilegon) 

Sahabat remaja sekalian, tahun sudah berganti, tak terasa detik demi detik sudah berlalu. Dengan atau tanpa kita sadari, sesungguhnya kita seperti berada di terowongan waktu. Layaknya terowongan, sepanjang apapun pasti ada ujungnya. Tinggal kita pilih, Kita mau terowongan berujung cahaya, atau kegelapan? 
Sebagai seorang muslim, seharusnya kita memiliki target target khusus untuk kita jalani di dalam kehidupan kita. Dengan begitu, kita akan senantiasa termotivasi untuk menjadi seorang muslim yang lebih baik dan lebih baik lagi. Dan juga kita tidak lalai untuk memanage waktu yang masih diberikan oleh Allah SWT kepada kita. Tentunya target yang ditetapkan adalah target yang positif ya sahabat. Karena jika target kita positif, maka hidup kita pun akan berjalan positif. InsyaaAllah.

Target positif ini merupakan segala sesuatu atau pencapaian yang ingin kita raih yang hasilnya akan memberikan kebaikan pada diri kita, ataupun orang lain. Karena di dalam Islam, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. 

Rasulullah SAW bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad) 

Sahabat, menjadi pribadi yang bermanfaat adalah salah satu karakter yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Setiap muslim diperintahkan untuk memberikan manfaat bagi orang lain. Karena, jika kita memberikan manfaat kepada orang lain, maka manfaatnya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri. Allah SWT berfirman:

إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ

“Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri sendiri” (QS. Al-Isra:7)

Dari sini, kita bisa planning target positif apa saja yang akan kita raih di tahun ini. Beberapa contoh target positif yang bisa menjadi pilihan kamu nih sahabat. Diantaranya :
- Ingin menutup aurat dengan sempurna sesuai syari'at Islam (ini jika kamu belum menutup aurat dengan sempurna). Jika sudah menutup aurat dengan sempurna kamu tentu bisa mengajak sahabat lain yang belum menutup aurat untuk bersegera menutup auratnya. Karena itu kewajiban di dalam Islam. 
- Ingin membuat buku, atau menulis tulisan-tulisan yang bermanfaat. Contohnya dakwah via media sosial. Dengan target seminggu satu tulisan misalnya. Ini penting ya sahabat, karena benturan peradaban barat saat ini mesti kita 'counter' agar masyarakat tidak teracuni dengan pemahaman barat. 
- Ingin mengadakan Kajian Islam rutin bersama para sahabat dalam rangka sebagai bekal untuk berdakwah di tengah-tengah umat. Misalnya Dauroh, atau kajian remaja muslimah yang diadakan setiap seminggu sekali. 
- Selanjutnya, Ingin menghafal Al Qur’an. Dengan target satu bulan satu Juz misalnya. 
- Ingin mengikuti Kajian Islam Kaffah.
Dan target positif lainnya sesuai yang kamu inginkan. Kamu pun bisa diskusikan bareng para sahabat kamu yang lainnya untuk mewujudkan target positif kamu.

Nah, setelah itu kamu bisa bikin mapping target kamu dalam bentuk tulisan dan jadwal jadwal, biar kamu mudah untuk mengingatnya. Dengan begini, waktu kamu tidak habis cuma untuk hal-hal tak bermanfaat kan sahabat. Apalagi terbuang sia-sia untuk nonton drakor (drama korea). Waktu pun jadinya tidak terbuang percuma, dan memberikan kebaikan serta kontribusi terhadap agama Allah SWT.

Nah, waktunya bikin planning sekarang ya sahabat! 
Allah SWT berfirman :

وَالْعَصْرِ (1) إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ (2) إِلَّا الَّذِينَ آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al ‘Ashr: 1-3).

Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai manusia yang sukses dan selamat dari kerugian di dunia dan akhirat. Semangat karena Allah ya sahabat! 

Wallahu'alam bisshowwab