-->

Banjir dan Longsor di Depok, 3 Orang Meninggal

Tiga korban yang meninggal di dalam rumah tertimbun tanah longsor.


Red: Andi Nur Aminah

Rep: Rusdy Nurdiansyah

REPUBLIKA.CO.ID DEPOK -- Hujan yang terus-menerus mengguyur Kota Depok sejak Selasa (31/12) pukul 16.00 WIB hingga Rabu (1/1) pukul 14.00 WIB menyebabkan banjir dan tanah longsor. Berdasarkan informasi yang diperoleh Republika.co.id, banjir paling parah terjadi di Perumahan Pondok Duta dan Bukit Cengkeh Cimanggis. Banjir setinggi setengah meter hingga satu meter.

Selain itu, banjir terjadi di Kompleks Marinir Rangkapan Jaya, Perumahan Cinere di Jalan Sakura. Lalu banjir juga terjadi di beberapa pemukiman di Pasir Putih Sawangan, pemukiman di Kampung Lio, pemukiman di Pitara, Perumahan Mampang dan Perumahan Jatijajar.

photo
Pertugas melakukan evakuasi korban meninggal yang rumahnya terkena longsor, Rabu (1/1)

Banjir setinggi 20 centimeter hingga 40 centimeter juga melanda Jalan Arif Rahman Hakim (ARH), Jalan Sawangan depan Perumahan Maharaja, Jalan Pasar Kemiri Muka dan Jalan Kolong Jembatan Dipo. Selain banjir juga terjadi tanah lonsor di Perumahan Green Pitara, Tapos, Cinere, Krukut dan pemakaman di Pasir Putih.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok Gandara Budiana mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan ratusan petugas untuk membantu evakuasi dan mengatasi banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah di Kota Depok. "Tanah lonsor terjadi di Pasir Putih Sawangan, di Pangkalan Jati dan Krukut serta di Perumahan Green Pitara," ujar Gandara.

Gandara mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi ada tiga korban bencana tanah longsor di kawasan Kelurahan Pangkalan Jati RT 08/01, Cinere, Kota Depok. "Ada tiga korban di dalam rumah yang tertimbun tanah longsor. Tiga korban berhasil di evakuasi dalam kondisi meninggal," terang Gandara.

Lebih detail, Gandara mengungkapkan, ada tiga orang yang ditemukan dalam kondisi meninggal yakni Amelia susanti (27), Lusinah (68) dan Nizam Saputra (8) serta empat orang selamat tertimbun tanah longsor yakni Deni Prabowo (23) yang mengalami patah kaki, Dayanti (50), Attar (1,5) dan Zema (3) yang mengalami luka-luka di kaki dan tangan. "Seluruh korban sudah di bawa RS Fatmawati Jakarta," terangnya. 

Aparat kepolisian Polres Metro Depok yang Kapolres Depok, Kombes Azis Andriansyah bersama anggota Kodim Depok yang dipimpin Kolonel Agus Isrok terjun langsung ke lokasi banjir dan tanah longsor di Cinere. "Kami belum mendapat laporan jumlah korban banjir dan tanah longsor keseluruhan di Kota Depok. Untuk laporan sementara ada tiga korban meninggal akibat tanah longsor di Cinere," pungkas Kapolres Depok, Kombes Azis Andriansyah.(Republika)