Islam Satu-satunya Solusi Krisis Kesehatan Di Negeri Ini

Oleh : Umi Rizkyi (Anggota Komunitas Setajam Pena) 

Penamabda.com - Sistem ekonomi Islam dan sistem pemerintahan Islam yaitu khilafah yang telah diatur dan didesain Allah SWT untuk perwujudan fungsi negara yang sholih. Khilafah akan menyediakan segala aspek yang dibutuhkan bagi perwujudan pelayanan kesehatan cuma-cuma alias gratis. Dengan kwalitas terbaik dan pelayanan yang terbaik pula, bagi setiap rakyatnya baik muslim maupun non muslim.

Semua itu akan tercapai karena negara Islam yakni Khilafah Islam melakukan pengelolaan pelayanan kesehatan di atas sejumlah prinsip yang shohih, yaitu:

1. Pemerintah bertanggung jawab langsung dalam hal pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat tanpa terkecuali. Gratis, namun dengan pelayanan yang berkualitas dan terbaik bagi siapapun, kapanpun, dan di manapun. Rosullah Saw bersabda, " Imam atau kholifah yang menjadi pemimpin manusia adalah laksana pengembala. Hanya dialah yang bertanggung jawab terhadap urusan rakyatnya. " HR Bukhari. Di sini dapat diartikan bahwa, haram hukumnya bagi negara jika negara hanya berfungsi sebagai regulator dan fasilitator saja. Dengan alasan apapun.

2. Pelayanan kesehatan adalah kebutuhan pokok umum, bukanlah jasa untuk dikomersilkan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Saw yang artinya, " Siapa saja pada pagi hari dalam keadaan aman kelompoknya, sehat badannya, memiliki makanan pada hari itu, maka seolah-olah dunia miliknya." HR Bukhari. Yang maknanya, siapa saja yang sehat di pagi hari dan tidak sakit maka ia akan merasakan selayaknya dunia miliknya.

3. Pembiayaan berbasis Baitul Mal. Dengan Anggaran yang tetap dan mutlak adanya. Dengan arti, ada atau tidak adanya dana negara untuk kesehatan maka harus diadakan oleh negara. Karena pelaksanaan pelayanan kesehatan wajib diadakan oleh negara. Karena negara khilafah memiliki finansial yang memadai untuk menanggung pembiayaan kesehatan bagi setiap warga negaranya tanpa terkecuali, kaya miskin, tua muda, pejabat rakyat, muslim non muslim.

Maka dari itu, di sistem Islam tidak akan ada yang namanya asuransi. Apalagi asuransi kesehatan. Karena di dalam Islam, asuransi dalam bentuk apapun haram hukumnya. Karena di sana terdapat aqad yang bathil.

Inilah sejumlah konsep yang dipersembahkan oleh negara Islam yaitu khilafah dalam mengelola pelayanan kesehatan. Kecemerlangan konsep dan hasil yang sungguh sangat gemilang. Konsep yang hanya serasi dengan sistem politik Islam.

Negara khilafah tidak hanya melahirkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali, khilafah juga memuliakan manusia dan insan kesehatan. Sesuai dengan firman Allah SWT yang artinya, " Sungguh Kami menuliskan anak cucu Adam (manusia)....TQS Al - Isro 70.

Dengan begitu, maka krisis kesehatan yang dialami negeri ini akan mampu teratasi oleh negara. Bahkan meniscayakan  perwujudan dalam waktu dekat pelayanan kesehatan yang berkualitas terbaik bagi setiap individu umum. 

Oleh karena itu, hadirnya kembali tegaknya daulah Khilafah Islamiyyah  merupakan hajat mendesak bagi setiap muslim. Lebih dari itu, Khilafah adalah ajaran Islam. Yang mampu memberi kesejahteraan, keamanan dan mendapatkan ridlo Allah SWT. Semoga kembalinya kehidupan Islam ditengah-tengah masyarakat, akan segera tegak.  Allahuakbar!
banner zoom