Masalah Gaul Bebas Remaja, Hanya Islam Solusinya

Oleh : Intan Ayu Agustin (Pemerhati Remaja) 

Islam merupakan agama yang sempurna. Sebagai agama yang sempurna Islam mempunyai seperangkat aturan yang akan menyelamatkan remaja dari pergaulan bebas. Adapun aturan tata pergaulan dalam Islam adalah sebagai berikut:

1. Larangan mendekati zina

Di dalam Islam, pergaulan antara pria dan wanita diatur sedemikian rupa. Perbuatan yang bisa mendekatkan seseorang pada perbuatan zina saja sangat dilarang apalagi perilaku seks bebas. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Isra’ Ayat :32

“Dan janganlah kamu mendekati zina,sesungguhnya zina itu adalah perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”.

pelaku zina akan diberikan hukuman yang sangat berat. Bagi pelaku yang belum menikah maka akan dihukum cambuk 100 kali dan diasingkan sedangkan bagi pelaku yang sudah pernah menikah maka akan dihukum rajam yakni dilempari batu sampai meninggal. Tujuan dari hukuman ini adalah sebagai penebus dosa bagi pelaku (jawabir), selain itu juga sebagai pencegahan agar tidak ada lagi yang berbuat seperti itu (jawazir).

2. Kewajiban menutup aurat

Setiap wanita yang sudah baligh (dewasa) diwajibkan untuk menutup aurat ketika keluar rumah/kehidupan umum, dengan memakai kerudung dan jilbab. Ini sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Ahzab ayat 59, yang artinya :

“Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu,anak perempuanmu,dan istri-istri orang mukmin,hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka...”

Dan Allah SWT berfirman dalam surat an-nur ayat 31, yang artinya : 

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya..." 

3. Menundukkan pandangan

Ketika berada di luar rumah pria dan wanita juga wajib menundukkan pandangan mereka, seperti yang disebutkan dalam Al Qur’an surat An Nur ayat 30 Allah SWT berfirman, yang artinya :

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman hendaklah mereka menundukkan pandangannya dan memelihara kemaluannya. Yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka,sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.

4. Tidak berkhalwat (berdua duaan dengan yang bukan mahromnya) 

Islam sangat menjaga sekali interaksi antara pria dan wanita. Pria dan wanita yang bukan mahrom dilarang untuk berkhalwat (berdua-duaan). Rasulullah SAW bersabda:

 “Janganlah sekali-kali pria dan wanita berkhalwat kecuali wanita itu ditemani mahromnya”. (HR. Bukhari)
 
5. Larangan bertabbaruj

Di dalam Islam, seorang wanita ketika keluar rumah dilarang untuk berdandan karena hal inilah salah satu yang bisa menjadi sebab ketertarikan lawan jenis. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al Ahzab ayat 31. Yang artinya :

“Hendaklah kalian (para wanita) tetap dirumah kalian dan janganlah kalian bertabbaruj seperti tabbaruj orang-orang jahiliyah yang dahulu”.

Inilah beberapa aturan yang sudah ditetapkan dalam Islam untuk menjaga kehormatan (izzah) dan kesucian hati (iffah) pria dan wanita.Tak heran ketika Islam diterapkan secara kaffah (sempurna) dalam institusi Daulah Khilafah, para remaja bisa meraih prestasi yang luar biasa diusianya yang masih belia. Selain itu banyak remaja Islam lainnya yang menoreh prestasi gemilang ketika sistem Islam sebagai peradaban emas diterapkan.

Islam sebagai rahmatan lil 'aalamin mempunyai aturan yang lengkap dan sempurna yang berlandaskan nash-nash syar’i yang dapat menyelesaikan semua permasalahan umat termasuk permasalahan remaja yang banyak muncul saat ini. Maka, sudah saatnya kita kembali kepada aturan  Islam dengan menerapkan syari'at Islam secara kaffah (total) dalam naungan Daulah Khilafah Islamiyah. 

Wallahu'alam bisshowwab

Sumber : Muslimah Banten Official 
banner zoom