-->

Dunia Aman Hanya Dalam Naungan Khilafah

Oleh: Dartik 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, saat ini dunia membutuhkan rumah yang aman. Indonesia terus mendorong ASEAN untuk menjadi jangkar stabilitas kawasan di Indo-Pasifik. (REPUBLIKA.CO.ID)

Hal ini disampaikan Jokowi saat mengikuti sesi kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India yang mengangkat tema 'One Family' di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu (9/9/2023).

“Sebagai Ketua ASEAN, Indonesia terus mendorong ASEAN untuk jadi jangkar stabilitas kawasan yang miliki habit of dialogue dan habit of cooperation di Indo-Pasifik karena dunia butuh penetral, butuh safe house,” tutur Jokowi, dikutip dari siaran pers Istana, Ahad (10/9/2023).

Jokowi juga mendorong agar seluruh negara menciptakan stabilitas global salah satunya dengan menghentikan perang, berpegang teguh pada hukum internasional, dan bahu-membahu wujudkan inklusifitas.

Membangun dan memiliki tujuan bersama untuk menciptakan kehidupan yang damai. "Saya setuju, jika dunia ini layaknya satu keluarga besar, namun, keluarga yang Indonesia harapkan adalah keluarga yang saling membangun, saling peduli, dan memiliki satu tujuan bersama yaitu menciptakan kehidupan yang damai dan makmur,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mendorong agar menjaga solidaritas antarnegara sehingga bisa mewujudkan kehidupan yang damai dan makmur. Menurutnya, pengkategorian negara yang terkesan mengkotak-kotakkan harus segera diakhiri.

Presiden Joko Widodo menyatakan saat ini dunia membutuhkan rumah yang aman. Faktanya Ada banyak problem dunia yang membuat rakyat tidak aman, bahkan justru sengsara.Bukan hanya peperangan, namun juga kemiskinan, yang merupakan konsekuensi penerapan sistem kapitalis.

Manusia secara fitrah sangat membutuhkan rumah yang aman dan nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Begitu juga manusia butuh keamanan dalam bermasyarakat dan bernegara. Sehingga dapat hidup tenteram dan damai tanpa ada gangguan dari orang lain atau bangsa lain yang ikut campur dalam urusan bernegara. 

Berharap segala urusan umat dapat diselesaikan dengan baik oleh penguasa namun realitasnya, justru penguasalah sumber dari masalah yang ada.Kebijakan penguasa yang hanya berpihak kepada segelintir orang yang memiliki uang hingga penguasa dapat berlaku curang tak perduli meskipun rakyat harus hengkang dari Rempang.

Terjadinya peperangan antara negara jelas membawa dampak kerusakan yang paling besar bagi masyarakat dunia.Karena rusaknya ekonomi menjadikan masyarakat hidup miskin sehingga masyarakat masih terjajah baik secara fisik maupun pemikiran oleh kapitalisme. 

Kapitalisme adalah sumber masalah yang ada didunia ini.Sebab kapitalisme adalah sistem kufur yang tidak layak untuk diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Falsafah ‘Satu Keluarga’ ini semestinya bukan semata jargon.

Namun apa mau dikata harapan tak sesuai dengan kenyataan.Penguasa berharap agar seluruh masyarakat dapat hidup sebagai satu keluarga yang saling mencintai satu sama lainnya.Tanpa ada jurang pemisah antara masyarakat dengan penguasa, nyatanya demikian adanya. 

Sejarah menunjukkan berbagai futuhat mengakibatkan tersebar dan meratanya kesejahteraan rakyat.

Madinah merupakan wilayah pertama berdirinya negara khilafah. Kemudian negara khilafah menyebarkan dakwah diberbagai wilayah hingga islam tersebar luas di seluruh dunia. Melalui jihad dakwah islam menyebar di jazirah Arab hingga Afrika dan Eropa. Mereka hidup tenang berdampingan tanpa hambatan dari pihak manapun. Karena negara menjamin seluruh kebutuhan masyarakat dengan adil tanpa pilih kasih.

Semua warga negara khilafah diberikan fasilitas sama baik kesehatan, pendidikan gratis. Sehingga rakyatpun hidup nyaman dalam naungan Daulah khilafah.

Dunia secara nyata membutuhkan tegaknya Khilafah.

Dunia tanpa khilafah tidak ada jaminan kenyamanan dalam menjalani kehidupan. Semua kerusakan yang terjadi saat ini merupakan buah dari penerapan sistem kapitalisme. Sistem yang menjadikan manusia haus kekuasaan dan berlaku zalim kepada rakyat .

Kebijakan penguasa yang hanya berpihak kepada konglomerat dan tidak perduli dengan rakyat meskipun kehidupan rakyat semakin melarat.

Hanya dengan sistem khilafah dunia akan aman dari segala bentuk penjajahan. Baik penjajahan secara fisik maupun pemikiran. Khilafahlah yang akan mengayomi seluruh masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab kepada rakyat.

Sebagai seorang muslim harus yakin bahwa sistem islam adalah satu - satunya solusi dari segala problematika umat yang ada disaat ini. Karena sistem islam kaffah bersumber dari Wahyu Allah  Subhanahu Wa Ta'ala yang pasti kebenarannya. Dan kita tidak meragukan dalam hal ini sebagai konsekuensi sebagai orang yang telah beriman kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Wallahu a'lam bi ash-shawwab