Mampukah Sistem Ekonomi Syariah Membawa Indonesia Lebih Baik?

Oleh : Hafizatul Dwi Maulida, S.Pd

Perekonomian adalah pilar negara, majunya suatu negara tergantung pada perekonomian negara tersebut. Negara yang memiliki perekonomian yang maju terlihat dari kehidupan rakyatnya yang sejahtera sehingga bisa di katakan negara tersebut negara yang maju. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dan saat ini pemerintah berupaya untuk menjadikan Indonesia negara maju dan untuk itu  perekonomian negara haruslah baik. Saat ini sistem ekonomi bermacam macam ada yang liberal, sosialis, campuran. Indonesia saat ini menggunakan  sistem ekonomi  pancasila yang mengedepankan kekeluargaan dan condong yang berperan aktif adalah rakyat dan negara hanyalah mengontrol dan meevaluasi. Beberapa waktu yang lalu  Presiden RI Joko widodo dalam Peringatan Hari Santri Nasional berpidato tentang Indonesia harus menjadi pusat gravitasi ekonomi syariah dunia,"  dan meluncurkan Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara, Jokowi mengatakan, perkembangan ekonomi syariah Indonesia cukup pesat. Menurut data The State of Global Islamic Economy Indicator Report, ekonomi syariah RI mengalami pertumbuhan signifikan dari tahun ke tahun. Kompas.com
Jakarta, Jumat(22/10/2021). 

Adanya statement mengenai berubahnya sistem ekonomi Pancasila dengan syariah, tentu didasari dengan adanya perkembangan ekonomi yang di anut Indonesia saat ini mulai melemah. SehIngga pemerintah meevaluasi untuk merubah ke  sistem ekonomi syariah yang di pandang akan mampu menjadi gravitasi pusat perekonomian. Selain itu juga Indonesia merupakan negara muslim terbesar jadi wajar sistem ekonominya menggunakan sistem ekonomi syariah.

Muncul nya ide penerapan ekonomi syariah bukanlah dadakan tapi sudah beberapa tahun yang lalu Indonesia menerapkan sistem ekonomi syariah dalam sektor perbankan. Dari penerapan sistem ekonomi syariah ini membawa pengaruh besar dalam sektor perbankan sehingga pemerintah melirik untuk diterapkan disektor lain. 

Adanya ide berubah haluan ke sistem syariah tidaklah lepas dari sistem sekuler kapitalis yang masih bercokol di negeri ini. Negara memandang bahwa adanya peluang besar bagi negara untuk meraih keuntungan apabila diterapkan nya sistem syariah. Selain itu carut marutnya sistem ekonomi liberal yang lahir dari sistem sekuler kapitalis saat ini yang tidak mampu menopang negara. Oleh sebab itu  diperlukan sebuah sistem alternatif dan pilihannya hanyalah sistem ekonomi syariah. Sistem ini  pernah di terapkan pada masa kekhilafahan. Sehingga Membuktikan bahwa sistem ekonomi liberal sekarang telah usang dan siap untuk di buang.

Islam memandang bahwa kehidupan ini haruslah diatur oleh Islam. Sebab Allah ciptakan manusia dengan seperangkat aturannya yang tertuang dalam Alquran. Kaum muslim harusnya dalam bernegara tidak boleh lepas  atau mengabaikan agama dalam hal menerapkan aturan untuk rakyatnya.

Alquran merupakan kitab dan kalamnya Allah  semua permasalahan  kehidupan termasuk bernegara. Seperti sistem ekonomi, hukum, politik, sosial, pendidikan dan  kesehatan termuat dalam Alquran. Sebagai umat muslim hanya menerapkan saja lagi didalam kehidupan ini dan tidak dibenarkan mengambil aturan Islam hanya sepotong saja misalkan aturan ekonomi Islam sedangkan aturan lain di abaikan. Penerapan sistem Islam akan membawa keberkahan dan Rahmat bagi manusia dan untuk itu seharusnya menerapkan aturan Islam tadi berdasarkan kepada keimanan bukan karena keuntungan semata.

Seperti dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah Ayat 208

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ کَآ فَّةً  ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِ  ۗ اِنَّهٗ لَـکُمْ عَدُوٌّمُّبِيْنٌ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu

Berdasarkan ayat tersebut telah jelas bahwa kaum muslim harus mengambil hukum Islam secara total. Keberkahan akan diperoleh apabila diterapkannya Islam secara kafah.
banner zoom