-->

Tentang Nikmat, Kita Akan Ditanya

Oleh: Arief. B. Iskandar
(Khadim Ma'had An-Nahdhah al-Islamiyah)

ALLAH SWT berfirman:

ثُمَّ لَتُسْئَلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيمِ

Kemudian pada hari itu kalian benar-benar akan ditanya tentang nikmat (QS at-Takatsur [102]: 8).

Ayat ini tentu sering kita baca atau kita dengar. 

Berkaitan dengan ayat ini, ada sebuah riwayat. Disebutkan bahwa Baginda Rasulullah ﷺ itu sering dilanda rasa lapar karena seringnya beliau tidak mendapati makanan di rumahnya. Saat tak punya makanan di rumahnya, beliau pun berpuasa. Beliau tidak sedih atau galau karena ‘musibah’ rasa lapar itu. Lalu pada saat ada sahabat yang mengirim kurma kepada beliau, bukannya bergembira. beliau malah kelihatan sedih dan galau, seraya mengingatkan kembali ayat di atas.

Begitulah sikap Rasulullah ﷺ saat mendapatkan nikmat. Mengapa? Karena terkait nikmat yang Allah berikan kepada manusia, sekecil apapun, akan dimintai pertanggungjawaban. Nikmat yang dimaksud tentu saja adalah seluruh kelezatan dunia (Lihat: As-Suyuthi, Durr al-Mantsur, X/337).

Sebaliknya, Allah SWT tidak akan meminta pertanggungjawaban atas musibah yang Dia timpakan kepada manusia. Karena itu Baginda Rasulullah ﷺ tidak bersedih karena suatu musibah yang menimpa beliau.

Namun, kita memang jauh berbeda dengan Baginda Rasulullah ﷺ. Kita sering amat sedih saat kenikmatan lepas dari diri kita dan terlalu bergembira saat kenikmatan itu menghampiri kita. Lupa jika dengan kenikmatan itu kita akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat nanti.

Terkait dengan nikmat pula, kita tentu sering diingatkan dengan sebuah sabda Baginda Rasulullah ﷺ sebagaimana dituturkan oleh Ibn Mas’ud ra.:

“Kaki anak Adam tidak akan bergeser di hadapan Rabb-nya pada Hari Kiamat nanti sebelum ditanya tentang lima perkara (yaitu): umurnya, bagaimana ia lalui; masa mudanya, bagaimana ia habiskan; hartanya darimana ia dapatkan dan bagaimana ia belanjakan; serta tentang apa yang telah ia amalkan dari ilmu yang ia miliki.” (HR at-Tirmidzi).

Dalam hadis lain penuturan Ibn Abbas disebutkan bahwa Baginda Rasulullah ﷺ pun pernah bersabda, “Ada dua nikmat yang sering dilupakan oleh kebanyakan manusia yaitu: nikmat sehat dan waktu luang.” (HR al-Bukhari).

Padahal, terkait nikmat kesehatan dan waktu luang, kita pun akan ditanya dan dimintai pertanggungjawaban: sejauh mana kesehatan dan waktu luang itu kita manfaatkan: Apakah untuk kebaikan atau keburukan? Apakah untuk memperbanyak amal salih atau amal salah? Apakah untuk taat atau maksiat? 

Bagaimana dengan nikmat harta? Sedikitnya harta kita, ia tetap akan dipertanyakan dan dimintai pertanggungjawaban: Darimana dan untuk apa? Apalagi jika harta kita berlimpah. Tentu akan lebih banyak lagi pertanyaan Allah SWT kepada kita pada Hari Akhir kelak. 

Itulah mengapa, Baginda Rasulullah ﷺ pernah bersabda tentang Abdurrahman bin Auf ra., seorang sahabat yang kaya-raya, sebagaimana dituturkan oleh Ummul Mukminin Aisyah ra., “Kelak di Akhirat, Abdurrahman bin Auf akan masuk surga dalam keadaan merangkak (karena hartanya yang banyak akan merepotkan penghisabannya di hadapan Allah SWT, pen.)." (HR Ahmad dan ath-Thabarani).

Mendengar sabda Baginda Rasulullah ﷺ demikian, seketika Abdurrahman bin Auf ra. pun menyedekahkan seluruh hartanya (termasuk emas dan perak) yang diangkut dengan 700 ekor unta (berikut seluruh untanya itu)

Padahal harta itu baru saja tiba di Madinah sebagai hasil sekian lama ia berbisnis di Syam.

Ia melakukan itu tidak lain karena sangat khawatir atas lamanya penghisaban Allah SWT atas dirinya di akhirat kelak karena hartanya yang melimpah-ruah itu.

Sebetulnya Abdurrahman bin pernah mendengar langsung Rasulullah ﷺ bersabda kepada dirinya:

*يَا ابْنَ عَوْفٍ، إِنَّكَ مِنَ اْلأَغْنِيَاءِ، وَإِنَّكَ سَتَدْخُلُ الْجَنَّةَ حَبْوًا، فَأَقْرِضِ اللهَ يُطْلِقْ لَكَ قَدَمَيْكَ*
"Wahai Ibnu Auf, sungguh kamu termasuk kaum yang kaya-raya, dan kamu akan masuk surga dengan merangkak. Oleh karena itu, pinjamkanlah suatu pinjaman kepada Allah sehingga Allah membebaskan kedua telapak kakimu." *(HR al-Hakim, 3/ 311 dan al-Hilyah, 1/ 99).*

Sejak saat itu, ia banyak menginfakkan hartanya di jalan Allah. Allah SWT pun melipatgandakan balasannya, di dunia dan akhirat. 

Suatu hari ia pernah menjual tanah seharga 40.000 dinar (lebih dari Rp 80 miliar), kemudian membagikan semuanya untuk keluarganya yaitu Bani Zahrah, untuk Ummahatul Mukminin, dan kaum fakir dari kalangan kaum Muslim. 

Suatu hari ia pun pernah memberikan untuk pasukan kaum Muslim sebanyak 500 ekor kuda. 

Pada hari yang lain, ia menginfakkan sebanyak 1500 ekor unta. 

Ketika meninggal, ia mewasiatkan sebanyak 50.000 dinar (lebih dari Rp 100 miliar) di jalan Allah. 

Ia mewasiatkan untuk masing-masing orang yang masih hidup dari peserta Perang Badar mendapatkan 400 dinar (lebih dari Rp 800 juta) di jalan Allah.

Masya Allah!

Wama tawfiqi illa bilLah wa ‘alayhi tawakaltu wa ilayhi unib. []

—————————————
Sumber : Muslimah News ID