Gugur Dalam Keindahan

Oleh: Nurul Aqidah
(Ummu wa rabbatul bait, Bogor)

Ketika bunga lain memancarkan keindahan pada saat puncak semangat kehidupannya. Tidak demikian dengan pohon momiji dan ginkgo biloba. Keindahannya justru terpancar beberapa saat sebelum gugur. Ini merupakan salah satu keajaiban Allah yang bisa kita nikmati ketika berkunjung ke Jepang.

Kita juga bisa melihat beragam jenis keindahan lain disetiap musimnya.  Ada bunga yang memancarkan keindahan di musim semi, seperti bunga sakura. Ada pohon yang justru memancarkan keindahan pada saat akan menjelang gugur. Seperti momiji yang mengalami proses perubahan warna daun menjadi kemerahan, kuning, atau jingga saat musim gugur.

Ada juga ginkgo biloba yang daunnya berubah warna dari hijau menjadi kuning ketika sesaat akan gugur. Ketika daun-daun kuning dari pohon ginkgo biloba itu disinari matahari akan tampak berwarna keemasan. Yang akan membuat mata terpukau melihat keindahannya.

Semua keindahan ciptaan Allah SWT itu bisa dinikmati oleh siapapun yang melihatnya. Lalu bagaimana dengan wanita, apakah keindahan wanita bisa dinikmati oleh siapapun yang melihatnya?

Dalam Islam keindahan wanita terutama kecantikan jasmaninya harus dijaga dengan baik dan tidak ditunjukkan pada orang lain yang bukan mahramnya.
Keindahan wanita justru terpancar ketika mereka senantiasa menutup auratnya dengan jilbab dan khimar. Demi memenuhi perintah Allah SWT yang terdapat dalam surat Al Ahzab ayat 59 dan An-Nur ayat 31.

Selain itu keindahan wanita akan semakin terpancar ketika memiliki akhlak yang baik sebagai hasil dari ketaatan terhadap segala perintah dan larangan Allah.

Sesungguhnya keindahan wanita dalam Islam bukan terlihat dari kecantikan luar yang bisa dilihat oleh manusia. Melainkan dari keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. 

"Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasannya adalah wanita salihah". (HR.Muslim)

Semoga kita bisa menjadi sebaik-baik perhiasan keindahan yaitu wanita salihah, yang ketika menghadap Allah berada pada keadaan "gugur dalam keindahan" husnul khotimah. Aamiin.
banner zoom